Karena Pandemi Ingin Shalat Ied di Rumah? Simak Bacaan Niat Lengkap Dengan Arti dan Bacaan Latin

- 12 Mei 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi gambar masjid.
Ilustrasi gambar masjid. /Pixabay/john1cse

BERITA DIY - Sebagaimana pantauan hilal oleh Kementerian Agama RI bersama BMKG pada 11-12 Mei 2021, maka diputuskan bahwa awal Syawal 1442 H atau hari raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Berbagai persiapan tentu sudah mulai dilakukan. Mulai dari aneka hidangan lebaran, seperti opor ayam, ketupat, dan bermacam camilan. Atau, persiapan membeli pakaian baru untuk merayakan hari raya.

Semua umat Muslim tentu berbahagia dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H meski masih harus bergelut dengan pandemi covid-19.

Baca Juga: Kumpulan Pantun Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2021 Anti Mainstream dan Unik

Karena pandemi, tradisi-tradisi lebaran yang biasa ditemui di tahun-tahun sebelumnya menjadi hilang.

Salah satu contoh yang paling gamblang ialah tradisi mudik yang biasanya dilakukan menjelang 1 Syawal. Saat ini, pemerintah memberlakukan larangan mudik untuk mencegah penyebaran covid-19.

Selain mudik, beberapa masjid yang biasanya menggelar shalat ied berjamaah juga pada tahun ini tak membuka agenda shalat ied berjamaah. Salah satu contohnya ialah Masjid Istiqlal yang memutuskan untuk tidak menyelenggarakan shalat ied.

Baca Juga: Bacaan Takbir Lebaran Hari Raya Idul Fitri LENGKAP Bahasa Arab, Tulisan Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Melihat fenomena itu, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggelar shalat ied di lingkup yang lebih kecil, seperti RT, RW, bahkan hingga keluarga.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x