Idul Adha 2021: Hal-Hal yang Perlu Diketahui Orang yang Kurban: Tak Boleh Potong Kuku, Benarkah?

- 16 Juli 2021, 19:12 WIB
Hal-hal penting yang perlu diketahui terkait hukum orang yang berkurban,
Hal-hal penting yang perlu diketahui terkait hukum orang yang berkurban, /unsplash.com/Michelle McEwen

BERITA DIY - Berikut ini fakta-fakta seputar hukum-hukum orang yang hendak berkurban. Mulai dari jatah daging hingga larangan potong kuku, benarkah? Simak artikel ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

Tak terasa Hari Raya Idul Adha 1442 H sebentar lagi akan terasa uforianya bagi seluruh umat muslim dipenjuru dunia. Pada Idul Adha, umat muslim akan melakukan penyembelihan hewan kurban seperti sabi, kambing/domba, atau unta.

Sebagaimana diketahui, Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 sesuai dengan kalender Hijriah dimana pada tanggal tersebut merupakan tanggal 10 Dzulhijjah.

Baca Juga: Resep Masak Daging Sapi Bumbu Lapis Kecap Khas Surabaya yang Empuk Gurih, Bisa Disajikan Saat Idul Adha

Hukum dasar ibadah berkurban ialah sunnah yang mana perintahnya disebut dalam Al Qur’an surat Al Kautsar ayat ke dua sebagai firman Allah SWT.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

Namun, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hukum yang wajib dipatuhi bagi orang yang hendak berkurban. Beberapa hukum tersebut di antaranya adalah larangan memotong kuku.

Hal tersebut sebagaimana anjuran Rasulullah SAW dimana seseorang yang berniat untuk berkurban dilarang untuk memotong kuku dan rambutnya mulai tanggal 1 Dzulhijjah hingga hewan kurbannya disembelih pada hari Idul Adha nanti.

Baca Juga: Mantap! BLT UMKM Mulai Cair di BRI dan BNI Juli 2021 Usai PPKM Darurat Diperpanjang, Cek BPUM Tahap 3 di Sini

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x