Apa Nama Lain Idul Adha? Berikut Sejarah dan Istilah Lain Idul Adha

- 18 Juli 2021, 11:10 WIB
Hari Raya Idul Adha lekat dengan sejarah yang mengisahkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS serta momen ibadah Haji.
Hari Raya Idul Adha lekat dengan sejarah yang mengisahkan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS serta momen ibadah Haji. /UNSPLASH/adliwahid

BERITA DIY - Hari Raya Idul Adha adalah salah satu perayaan besar bagi Umat Islam bersama dengan Idul Fitri. Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, tahun ini bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021 pada kalender Masehi.

Kemenag melalui sidang Isbat yang telah dilakukan, memutuskan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli 2021. Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah bertepatan tanggal 20 Juli 2021 kalender Masehi.

Hari Raya Idul Adha yang identik dengan pemotongan hewan qurban memiliki sejarah di baliknya. Bahkan, beberapa orang menyebut isilah lain. Lantas bagaimana sejarah dan istilah lain tersebut? Simak di tulisan ini.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Hari Tasyrik dalam Bulan Dzulhijjah Setelah Idul Adha? Berikut Jadwal Tahun 2021

Sejarah Idul Adha: Pengorbanan Nabi Ibrahim AS

Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah asal muasal atau sejarah di mana Hari Raya Idul Adha dirayakan hingga saat ini oleh umat Islam di seluruh dunia. 

Nabi Ibrahim AS dikatakan bahwa dia adalah bapak dari para Nabi (Abu Anbiya). Ketika itu, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Ismail AS lewat sebuah mimpi.

Padahal, Nabi Ibrahim AS telah lama menantikan sang buah hati. Namun, Allah SWT menguji keimanannya apakah Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah-Nya atau tidak. 

Singkatnya, Nabi Ibrahim AS menyimpulkan bahwa mimpi menyembelih Nabi Ismail AS merupakan sebuah wahyu dari Allah SWT.

Baca Juga: Resep Tongseng Kambing dan Cara Masak agar Tidak Bau Prengus dan Amis, Hidangan Idul Adha 2021 Dijamin Enak

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x