Apa yang Dimaksud Hari Tasyrik dalam Bulan Dzulhijjah Setelah Idul Adha? Berikut Jadwal Tahun 2021

- 18 Juli 2021, 08:51 WIB
ILUSTRASI - Hari Tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah usai Idul Adha adalah hari di mana umat Muslim dilarang untuk berpuasa.
ILUSTRASI - Hari Tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah usai Idul Adha adalah hari di mana umat Muslim dilarang untuk berpuasa. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Hari Raya Idul Adha 2021 yang jatuh pada 10 Dzulhijjah pada kalender Islam tinggal hitungan hari. 

Selain umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa pada awal bulan Dzulhijjah sebelum Idul Adha, terdapat pula hari Tasyrik yang jatuh setelah Idul Adha. 

Lalu, apa yang dimaksud hari Tasyrik dalam bulan Dzulhijjah setelah Idul Adha? Penjelasannya, hari Tasyrik jatuh pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Umat Musilm diharamkan untuk berpuasa.

Pada hari-hari tersebut, umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah Haji sedang berada di Mina dan melempar jumrah.

Baca Juga: Resep Tongseng Kambing dan Cara Masak agar Tidak Bau Prengus dan Amis, Hidangan Idul Adha 2021 Dijamin Enak

Diriwayatkan pula hari Tasyrik adalah hari perayaan makan dan minum, sehingga umat Islam diharamkan untuk berpuasa dari tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha) hingga 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Oleh karena itu, orang yang biasa melakukan puasa Senin dan Kamis serta puasa Daud juga dilarang puasa pada hari Tasyrik.

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Artinya: “Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim no. 1141).

Menurut sidang Isbat yang dilakukan oleh Kemenag, telah diputuskan bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli 2021 pada kalender Islam. Oleh karena itu, Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah tepat tanggal 20 Juli 2021. 

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x