Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1442 H, Malam 1 Suro Tanggal Berapa?

- 4 Agustus 2021, 14:41 WIB
ILUSTRASI - Doa awal dan akhir tahun Hijriah 1 Muharram serta Malam 1 Suro.
ILUSTRASI - Doa awal dan akhir tahun Hijriah 1 Muharram serta Malam 1 Suro. /UNSPLASH/katekerdi

BERITA DIY - Ketahui doa akhir dan awal tahun Hijriah 1 Muharram serta waktu jatuhnya malam 1 Suro sesuai dengan penanggalan masehi dalam artikel ini.

Momen tahun baru Muharram menjadi hal penting yang dilakukan. Bagi umat Islam akan menjalankan amalan doa awal dan akhir tahun. Sementara itu, bagi orang Jawa juga banyak prosesi yang dilakukan pada Malam 1 Suro.

Ummat Islam meyakini bahwa momen pergantian tahun Hijriah adalah waktu yang tepat untuk introspeksi diri. Sementara orang Jawa menyebut pergantian tahun Hijriah dengan sebutan suro dan melaksanakan berbagai prosesi pada Malam 1 Suro.

Baca Juga: Kapan Malam 1 Suro? Serta Tanggal Hari Pasaran Kalender Jawa Agustus 2021 Terburuk untuk Dihindari

Menunaikan amalan doa pada momen pergantian tahun Hijriah sangat penting. Ummat Islam dianjurkan untuk melaksanakan doa akhir dan awal tahun baru 1 Muharram.

Seperti apakah doa akhir dan awal tahun baru 1 Muharram tersebut? Berikut akan kami berikan doa secara lengkap mulai dari bahasa arab, latin, dan bahasa Indonesia.

Doa akhir tahun hijriah:

Dalam bahasa arab: 

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ
عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ
فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Latin:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X