Amalan di Bulan Muharram atau Suro, Banyak Pahala dan Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu.

- 19 Agustus 2020, 18:29 WIB
Kalender Hijriah atau Kalender Islam mengacu pada peredaran bulan, sehingga Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram 1442 Hijriah jatuh pada Rabu 19 Agustus 2020 saat matahari terbenam.
Kalender Hijriah atau Kalender Islam mengacu pada peredaran bulan, sehingga Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram 1442 Hijriah jatuh pada Rabu 19 Agustus 2020 saat matahari terbenam. /pixabay/enriquelopezgarre

BERITA DIY - Bulan Muharram merupakan bulan pertama di kalender hijriah.Pada tahun 2020 ini, 1 Muharram 1442 H akan jatuh pada 20 Agustus 2020.

Bulan Muharram memiliki banyak sekali keistimewaan. Bulan ini juga merupakan salah satu bulan yang diistimewakan selan bulan Ramadhan.

Banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Muharram. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah puasa pada bulan Muharram.

Baca Juga: Perusahaan BUMN Geo Dipa Energi Buka Lowongan Kerja Agustus 2020, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu.” (HR. Muslim, no. 1982).

Baca Juga: Tokopedia Buka Lowongan Kerja Banyak Posisi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Berikut ini merupakan beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Muharram.

1. Puasa Tasua

Puasa Tasua merupakan puasa sunnah sebelum 10 Muharram atau yang dilaksanakan.

Dalam riwayat dijelaskan di akhir hayatnya Rasulullah pernah berkeinginan jika ia masih hidup di tahun depan maka ia akan berpuasa pada 9 dan 10 Muharrram.

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, dia berkata, “ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berpuasa di hari ‘Asyura’ dan memerintahkan manusia untuk berpuasa, para sahabat pun berkata, ‘Ya Rasulullah! Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, ‘Apabila tahun depan -insya Allah- kita akan berpuasa dengan tanggal 9 (Muharram).’ Belum sempat tahun depan tersebut datang, ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal.”

Baca Juga: Oppo Reno 4 Harga dan Spesifikasinya Canggih dengan 4 Kamera, Lebih Murah dari Oppo Reno 3 Pro

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x