Pengertian Puasa Tasu'a dan Asyura Beserta Dalil dan Tata Cara Beserta Kapan Dilaksanakan di Bulan Muharram

- 10 Agustus 2021, 08:42 WIB
ILUSTRASI - Pengertian, tata cara, dan dalil Puasa Tasu'a dan Asyura.
ILUSTRASI - Pengertian, tata cara, dan dalil Puasa Tasu'a dan Asyura. /Pixabay.com/Mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut merupakan pengertian Puasa Tasu'a dan Asyura lengkap dengan dalil, tata cara dan waktu kapan dilaksanakan pada Bulan Muharram.

Pada Bulan Muharram terdapat beberapa ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan ummat Islam, yaitu Puasa Tasu'a dan Asyura. 

Lantas seperti apakah pengertian Puasa Tasu'a dan Asyura beserta dalil, tata cara, dan waktu kapan dilaksanakannya pada Bulan Muharram? Berikut akan diulas dalam artikel ini.

Baca Juga: Puasa Tasua 9 Muharram 18 Agustus 2021: Dalil, Hukum, Keutamaan, dan Bacaan Niat Ibadahnya

Puasa Tasu'a dan Asyura merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada Bulan Muharram dalam waktu yang beriringan yaitu pada tanggal 9 dan 10 Muharram. 

Bahkan Puasa Tasu'a dan Asyura ini memiliki keutamaan yang dapat diperoleh bagi ummat Islam yang menjalankannya, bagi puasa Tasu'a keutamaan yang dimiliki adalah menjadi pembeda antara ummat Islam dengan ummat Yahudi.

صَامَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ الهِع صَلَّى الهُت عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa. Lalu, para sahabat berkata:"Ya Rasulullah, sesungguhnya hari itu diagungkan oleh Yahudi.”

Kemudian beliau Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Di tahun depan insya Allah kita akan berpuasa pada tanggal sembilan.” Hadits Riwayat Muslim 2. 996 dan Abu Daud 2445.

Baca Juga: 1 Suro Jatuh pada Tanggal Berapa? Ketahui Tradisi Jawa Bulan Masuk Bulan Muharram 2021

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x