Profil Jusuf Hamka Penderma 1000 Masjid di Tanah Air: Pendidikan, Usia, Agama, Lengkap dengan Sumber Kekayaan

- 31 Juli 2021, 10:28 WIB
Jusuf Hamka, berfoto bersama keluarga usai melaksanakan shalat Idul Fitri di salah satu masjid yang dibangunnya.
Jusuf Hamka, berfoto bersama keluarga usai melaksanakan shalat Idul Fitri di salah satu masjid yang dibangunnya. //tangkap layar Instagram @jusufhamka

BERITA DIY - Nama pengusaha Jusuf Hamka belakangan banyak disorot media atas pengakuannya diperas oleh oknum Bank Syariah swasta senilai miliaran rupiah. Kasus Jusuf Hamka ini bahkan menjadi perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jusuf Hamka telah memberi kesaksian terkait kasusnya sebagai nasabah yang dirugikan oleh bank bersangkutan dalam podcast bersama Daddy Corbuzier pada 24 Juli 2021 di YouTube.

Siapa gerangan sosok Jusuf Hamka ini? Inilah profil lengkap dari Jusuf Hamka lengkap biodata usia, pendidikan, agama, sumber kekayaan, hingga cita-citanya yang ingin membangun 1000 masjid di tanah air.

Baca Juga: Profil Sariamin Ismail yang Masuk Google Doodle Hari Ini atau Today, Apa Keteladanan dari Tokoh Penulis Itu?

Pria kelahiran Samarinda, Desember 63 tahun lalu ini adalah pemilik perusahaan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dan masih aktif sampai hari ini.

Jauh sebelum menjadi pengusaha sukses seperti sekarang, Babah Alun sapaan akrab Jusuf Hamka telah menjalani hidup yang keras sejak kecil. Ia dahulu sering menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk jualan berkeliling dan hidup pas-pasan. Pendapatannya dari jualan keliling hanya berkisar Rp 100 ribu.

Beranjak dewasa, pria keturunan Tionghoa ini melanjutkan pendidikan di beberapa perguruan tinggi, namun tidak diselesaikannya. Bukannya kesulitan melainkan ia tidak suka dengan formalitas.

Jusuf Hamka pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (1947), Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (1974), Bisnis Administrasi Columbia College, Kanada (1977), Administrasi Negara FISIP Universitas Jayabaya (1980).

Mulai tahun 1986, ia bekerja di bidang konstruksi jalanan sebagai seorang sopir biasa di Samarinda, Kalimantan Timur. 3 tahun bekerja, ia akhirnya merasa menemukan bidang pekerjaan yang diminati.

Baca Juga: Profil Alvin Tehupeiory Atlet Lari 100 Meter Putri yang Lolos Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x