Profil Rachmawati Soekarnoputri, Putri Presiden Soekarno yang Meninggal karena COVID-19

- 3 Juli 2021, 20:00 WIB
Potret Rachmawati Soekarnoputri bersama dengan politikus Fadli Zon.
Potret Rachmawati Soekarnoputri bersama dengan politikus Fadli Zon. /Instagram.com/@fadlizon

BERITA DIY - Kabar duka kembali menyelimuti dunia perpolitikan Indonesia atas meninggalnya tokoh politik pendiri Yayasan Pendidikan Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri pada Sabtu, 3 Juli 2021. Lantas siapakah sosok Rachmawati Soekarnoputri?

Rachmawati Soekarnoputri merupakan anak dari presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno dari pernikahannya dengan Fatmawati. Peran Presiden Soekarno tidak akan terlupakan atas kemerdekaan yang diraih oleh Indonesia, ibu Fatmawati juga menjadi ibu negara yang menjahit langsung bendera saka Merah putih.

Sosok Rachmawati Soekarnoputri, selain dikenal sebagai putri dari Presiden Soekarno dan Fatmawati, ia dikenal sebagai tokoh politik tanah air. Sumbangsih yang pernah diberikan Rachmawati Soekarnoputri salah satunya adalah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau DPP pada tahun 2007-2009.

Baca Juga: Prestasi Penting Artidjo Alkostar, Mantan Hakim Agung MA yang Ditakuti Koruptor

Rachmawati Soekarnoputri lahir dengan nama Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri di Jakarta, pada 27 September 1950 dan wafat hari ini di Jakarta, 3 Juli 2021. Ia wafat di usianya yang ke 70 tahun.

Dalam dunia politik, Rachmawati Soekarnoputri adalah seorang politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (PGIR). Partai ini kemudian mengusung Rachmawati Soekarnoputri hingga mencapai jabatannya sebagai anggota DPP.

Pendidikan yang ditempuh Rachmawati Soekarnoputri ia jalani di kota kelahirannya dengan riwayat pendidikan di SD Perguruan Cikini, SMP Perguruan Cikini, dan SMA Santa Ursula Jakarta.

Baca Juga: Profil Mas Menteri Nadiem Makarim, Mendikbud Termuda Lulusan Harvard dan Pendiri Dekakorn Gojek

Setelah merampungkan pendidikannya hingga menengah atas atau SMA, Ia melanjutkan ke Universitas Indonesia di Fakultas Hukum dan berkuliah S1 Hukum di Universitas Bung Karno pada tahun 2002.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x