Profil Mas Menteri Nadiem Makarim, Mendikbud Termuda Lulusan Harvard dan Pendiri Dekakorn Gojek

- 8 April 2021, 09:55 WIB
Potret Mendikbud Nadiem Makarim menerima penghargaan pemimpin perubahan tahun 2020.
Potret Mendikbud Nadiem Makarim menerima penghargaan pemimpin perubahan tahun 2020. /Instagram.com/@nadiemmakarim

 

BERITA DIY - Nadiem Anwar Makarim atau yang dikenal masyarakat dengan Nadiem Makarim merupakan sosok pengusaha inovatif Indonesia yang saat ini mengisi jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Maju.

Mendikbud Nadiem Makarim mendapat amanat dari pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Prsiden Ma'ruf Amin menduduki posisi Mendikbud yang ke 29 dan terlantik pada 23 Oktober 2021.

Nadiem Makarim merupakan menteri termuda dengan usia 36 tahun dan kerap disapa masyarakat dengan julukan Mas Menteri atas prestasinya yang gemilang di usia yang tergolong masih muda untuk mengisi jabatan menteri.

Baca Juga: Profil Atta Halilintar, YouTuber yang Pernikahannya Dihadiri Jokowi dan Diunggah Twitter Sekretariat Negara

Nadiem lahir di Singapura, 4 Juli 1984 dari orang tua bernama Nono Anwar Makarim, seorang pengacara terkemuka keturunan Minang-Arab dan ibu Atika Algadri, seorang penulis lepas.

Jabatannya sebagai Mendikbud adalah pertama kalinya ia terjun dalam dunia politik dan berdiri sebagai independen atau tidak di bawah naungan partai politik manapun.

Rekam jejak pendidikan Nadiem cukup menarik lantaran pendidikan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Nadiem berpindah-pindah dari Indonesia ke Singapura hingga lulus dari SMA, Nadiem mengambil jurusan Hubungan Internasional di Universitas Brown, Amerika Serikat.

Baca Juga: Profil Nissa Sabyan, Vokalis Band Sabyan Gambus yang Terlibat Isu Perselingkuhan Hingga Nikah Siri

Baca Juga: Profil Novel Baswedan Penyidik KPK yang Pimpin Operasi Tangkap Tangan Menteri Edhy Prabowo

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x