Idul Adha 2021: Tips Memilih Hewan Qurban dan Syarat Hewan yang Layak untuk Qurban

- 21 Juni 2021, 18:00 WIB
ILUSTRASI: Tips memiliki dan syarat hewan qurban yang baik untuk Idul Adha 2021.
ILUSTRASI: Tips memiliki dan syarat hewan qurban yang baik untuk Idul Adha 2021. /PIXABAY/klimkin

BERITA DIY – Tips memilih hewan untuk qurban serta syarat hewan yang layak untuk kurban berikut ini baik diketahui kamu yang akan berqurban di Idul Adha 2021 ini.

Umat muslim yang hendak berkurban di Idul Adha 2021 kali ini, ada baiknya memperhatikan beberapa hal, seperti tips memilih hewan hingga mengetahui apa saja syarat hewan qurban.

Hewan yang dapat dijadikan untuk kurban yaitu hewan ternak, seperti firman Allah SWT dalam Quran Surat (Q.S) Al Hajj ayat 34 berikut ini:

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Asal-Usul Anjuran Berkurban bagi Umat Muslim pada Idul Adha

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلۡنَا مَنۡسَكًا لِّيَذۡكُرُوا اسۡمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمۡ مِّنۡۢ بَهِيۡمَةِ الۡاَنۡعَامِ ؕ فَاِلٰهُكُمۡ اِلٰـهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗۤ اَسۡلِمُوۡا‌ ؕ وَبَشِّرِ الۡمُخۡبِتِيۡنَ

Walikulli ummatinn ja’alnaa min sakalliyadzkurusmallahi ‘alaa maa razaqohummimbahiimatil an’am, failaahukum ilaahuwwaakhidun falahuuu aslimuu wabassyirilmukhbitiin.

Artinya:

"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)."

Baca Juga: Hati-Hati Kolestrol, Simak 5 Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban Saat Idul Adha

Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) juga berfirman dalam Quran Surat (Q.S) Al-Kautsar ayat 1-2 mengenai Qurban sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x