Lakukan Hal-Hal Berikut agar Daging Kurban Tidak Bau Prengus, Empuk, dan Tidak Alot Saat Dimakan

- 30 Juli 2020, 13:58 WIB
Ilustrasi daging qurban.
Ilustrasi daging qurban. /Pixabay

BERITA DIY - Selain sholat idul adha, tradisi umat islam lain yang dilakukan saat lebaran haji adalah memotong hewan kurban. Hewan kurban kemudian dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Daging kurban perlu diolah dengan baik agar dapat dinikmati dengan enak.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan agar olahan daging kurban tidak bau prengus, empuk, dan tidak alot agar semakin enak dinikmati.

1. Singkirkan lemak yang menempel di daging

Menghilangkan bau pada daging kambing dapat dilakukan salah satunya dengan menyingkirkan kandungan lemak pada daging kambing. Jika susah disingkirkan, sebaiknya daging dimasukkan kee lemari es terlebih dahulu agar lebih mudah dilepas saat mengeras. Kebanyakan bau yang dihasilkan ini berasal dari kandungan lemaknya. ini juga bermanfaat agar daging tidak alot saat dimakan.

Baca Juga: Jamaah Tarekat Syattariyah di Aceh Idul Adha Lebih Dulu Hari Ini, Kamis 30 Juli 2020

2. Jangan mencuci daging kambing

Mencuci daging terlebih dahulu sebelum dimasak tidak akan membuat bau khas pada daging kambing hilang. Justru malah membuat tekstur daging kambing menjadi semakin alot dan membuat daging kambing semakin cepat mengalami pembusukan.

Maka dari itu sebaiknya daging kambing jangan dicuci. Lebih baik untuk langsung merebus daging kambingnya. Karena merebus daging kambing yang dalam keadaan belum dicuci akan mampu mengurangi bau amis pada daging kambing.

3. Taburi daging dengan garam jika terlanjur dicuci

Jika sudah terlanjur mencuci daging kambing, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menaburkan atau melumuri daging dengan garam. Menaburi daging kambing dengan garam secara keseluruhan bisa menetralkan bau tidak sedapnya.

Cukup taburi garam keseluruhan pada daging kambing, baik dengan garam kasar ataupun garam halus. Setelah merata, diamkan daging selama 60 menit. Kemudian bersihkan daging dari garam menggunakan air.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x