Materi dan Kisi-Kisi Soal CPNS 2021 yang Akan Diujikan untuk Calon PNS di Seleksi Utama SKD dan SKB

- 20 Mei 2021, 16:47 WIB
Ilustrasi. Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Akhir Mei 2021, Simak Alur Lengkapnya Disini!
Ilustrasi. Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Akhir Mei 2021, Simak Alur Lengkapnya Disini! /bkd.jogjaprov.go.id

BERITA DIY - Ujian seleksi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka tahun 2021 ini setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

Pendaftar seleksi CPNS untuk dapat lolos dalam seleksi harus mempelajari terlebih dahulu soal-soal yang akan diujikan pada seleksi CPNS 2021 diantaranya adalah mempelajari kisi-kisi soal CPNS 2021.

Terdapat beberapa kompetensi yang harus dipenuhi oleh pendaftar CPNS 2021 agar lolos seleksi, peserta diwajibkan melalui Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca Juga: Bocoran Cara Daftar dan Info Formasi CPNS Kemenkumham 2021

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD adalah tes kemampuan dasar dan karakteristik peserta CPNS 2021 diantaranya adalah kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Sementara itu, Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB adalah tes kemampuan dan karakteristik meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam melaksanakan tugas dan jabatan sebagai PNS.

Seleksi SKD berupa pengerjaan 100 butir soal dalam kurun waktu 90 menit dan seleksi SKB akan dilakukan oleh peserta yang lolos seleksi SKD.

Materi pada seleksi SKB akan berfokus pada posisi atau formasi yang dilamar dalam CPNS 2021 untuk mengetahui seberapa kemampuan yang dimiliki sebagai tolak ukur etos kerja peserta seleksi.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Perbedaan dan Persamaan ASN, PNS, dan PPPK

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x