Jenis Seleksi atau Tes yang Harus Dijalani di Pendaftaran CPNS 2021, Siap-siap agar Lolos Seleksi

- 18 Mei 2021, 20:57 WIB
ilustrasi Tes CPNS dan PPPK
ilustrasi Tes CPNS dan PPPK /bkd.jogjaprov.go.id

BERITA DIY - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 segera dibuka. Berikut jenis-jenis tes yang harus dilewati sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2021.

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dijadwalkan akan berlangsung pada Mei-Juni 2021. Sementara jadwal seleksinya akan diselenggarakan pada Juli hingga Oktober 2021.

Terdapat prosedur baru yang akan digunakan dalam seleksi CPNS dan PPPK tahun ini. 

Hal ini sejalan dengan prosedur pelaksanaan seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca Juga: Seleksi CPNS 2021 Dimulai 12 Hari Lagi! Yuk Pesiapkan Diri dan Cek Syarat yang Diperlukan

CAT BKN merupakan sistem seleksi menggunakan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi yang telah ditentukan.

Ketentuan ini telah tercantum dalam Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019. Ketentuan terbarunya adalah Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN tanggal 29 Maret 2021.

Perubahan prosedur penyelenggaraan seleksi CAT BKN ini dilakukan dalam rangka menyesuaikan perubahan kondisi dan kebutuhan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN Paryono mengatakan perubahan tersebut adalah penambahan spesifikasi teknis berupa kamera dan sistem operasi minimal yang harus tersedia pada komputer yang digunakan peserta.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x