Cek Fakta: KRI Nanggala 402 Ditembak Rudal Prancis Akibat Persaingan Bisnis Hoaks!

- 27 April 2021, 07:50 WIB
Ilustrasi kapal selam.
Ilustrasi kapal selam. /Pixabay/scholty1970

BERITA DIY - Di tengah ribuan ucapan belasungkawa warganet terhadap kejadian tenggelamnya kapal selam TNI AL, KRI Nanggala 402 di selat Bali, terdapat satu narasi yang juga ramai di media sosial.

Narasi tersebut mengatakan bahwa KRI Nanggala 402 tenggelam bukan karena kendala teknis yang dialami kapal selam berusia tua itu, melainkan akibat ditembak oleh rudal Prancis.

Berita yang mengagetkan itu diunggah pertama kali oleh akun @plato_ids di Twitter. Akun yang menggunakan foto profil Plato itu secara rinci menyebutkan kapal selam Prancis yang menembakkan rudal itu adalah SSN Emeraude.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Jahe Waktu Sahur, Bisa Bantu Redakan Mual hingga Mencegah Penyakit Alzheimer

Kapal selam nuklir itu diisukan sengaja menembakkan rudal ke KRI Nanggala 402 untuk membuat industri kapal selam Jerman menjadi jelek di mata dunia.

Hal itu dilakukan akibat adanya persaingan bisnis antara industri kapal selam Prancis dengan Jerman. Akun @plato_ids mengaku mendapatkan informasi tersebut dari rekan intelijen miliknya yang berasal dari Jerman.

Cek Fakta

Hingga saat ini, pihak TNI belum merilis pernyataan resmi yang menjelaskan sebab dari tenggelamnya KRI Nanggala 402 karena masih dalam proses pengangkatan.

Baca Juga: Klasemen Sementara Liga Inggris Pekan 33: Liverpool Tak Beranjak, Man City Kokoh di Puncak

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x