Apa Itu Trihari Suci? Mengenal Makna Kamis Putih, Jumat Agung hingga Paskah bagi Umat Kristiani

- 1 April 2021, 14:24 WIB
Mengenal Trihari Suci umat Kristiani, Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah
Mengenal Trihari Suci umat Kristiani, Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah /pixabay/ ambroz

BERITA DIY – Tepat pada besok hari Jumat, 2 April 2021 umat Kristiani seluruh dunia memperingati peristiwa wafatnya Tuhan Yesus Kristus atau Isa Almasih dan Paskah.

Untuk memperingati peristiwa tersebut umat Kristiani merayakan Trihari Suci, apa saja itu? Simak penjelasannya melalui artikel berikut.

Seperti namanya perayaan Trihari suci berlangsung selama tiga hari penuh dan berturut-turut yaitu pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Selama tiga hari tersuci ini Gereja merayakan misteri terbesar karya penebusan Yesus Kristus yaitu sengsara, wafat dan kebangkitan Tuhan.

Perayaan Trihari Suci dimulai dengan Ekaristi petang pada hari Kamis yang juga disebut sebagai Kamis Putih. Pada hari Kamis Putih seluruh umat beriman berhimpun bersama para iman untuk mengenangkan perjamuan Paskah yang diadakan Yesus bersama murid-muridNya.

Baca Juga: Doa-doa Katolik: Doa Mohon Keselamatan dalam Perjalanan

Kemudian berlanjut pada hari Jumat yang juga disebut sebagai Jumat Agung. Pada hari ini tidak ada perayaan Ekaristi, ibadat dilakukan sesudah tengah hari. Ibadat terdiri dari tiga bagian yaitu Liturgi Sabda, Penghormatan Salib dan Komuni.

Pada Jumat Agung, Gereja mengenangkan sengsara dan wafat Yesus, menghormati salib dan mengenangkan kembali kelahirannya dari lambung Yesus yang tergantung di salib. Pada hari ini pula, umat beriman menjalani puasa Paskah.

Terakhir adalah Malam Paskah atau juga disebut dengan Vigili Paskah, Malam Paskah atau Vigili Paskah adalah malam suci kebangkitan Tuhan yang merupakan puncak perayaan Trihari suci Paskah. Pada malam ini, umat beriman berjaga, menantikan kebangkitan Kristus atau Paskah dalam semangat keheningan.

Baca Juga: Doa-doa Katolik: Doa dalam Kesepian dan Kebimbangan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x