Doa-Doa Katolik: Doa Komuni Batin atau Spiritual

- 22 Februari 2021, 11:25 WIB
Doa Komuni Spiritual
Doa Komuni Spiritual /pixabay/ davidcaristia

BERITA DIY – Doa komuni batin atau spiritual merupakan salah satu doa yang disampaikan umat Katolik untuk menggantikan komuni yang tidak dapat diterima secara fisik karena hal yang mendesak. Doa komuni batin atau spiritual ini mulai digunakan pada masa pandemi Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan beribadah di gereja dibatasi. Hal ini menyebabkan sebagian umat Katolik tidak dapat mengikuti perayaan Ekaristi secara langsung dan menggantinya menjadi perayaan Ekaristi secara live streaming.

Perayaan ekaristi secara live streaming ini juga membuat umat Katolik tidak dapat menerima Tubuh Kristus dalam rupa hosti kudus. Umat Katolik yang mengikuti perayaan Ekaristi secara live streaming mengganti komuni secara fisik dengan mendaraskan Doa Komuni Spiritual atau Batin.

Baca Juga: Resep Kue Jahe Gingerbread Enak dan Gampang buat Isi Toples Kue Natal

Doa komuni batin atau spiritual ini merupakan bentuk dispensasi resmi dari Pimpinan Gererja, sebagai ganti penerimaan komuni fisik pada kondsi yang mendesak yang membuat seseorang tidak bisa menghandii perayaan Ekaristi.

Doa komuni batin atau spiritual ini bertujuan untuk memenuhi kerinduan spiritual sehingga mungkin banyak orang belum merasa utuh. Oleh karena itu, kerinduan tersebut dilengkapi dengan doa-doa gerejani yang diwakili oleh imam sebagai wakil Kristus.

Doa komuni batin atau spiritual ini berasal dari doa Santo Alfonsus Loguori, berikut isi rumusan doa komuni batin:

Baca Juga: Doa Arwah Katolik

Yesusku, aku percaya

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x