Kabar Gembira! Mendikbud Nadiem Makarim Naikkan Bantuan KIP Kuliah untuk Mahasiswa Angkatan 2021

- 30 Maret 2021, 09:59 WIB
Gambar Gembira Mendikbud Nadiem Makarim Naikkan Bantuan KIP Kuliah untuk Mahasiswa Angkatan 2021
Gambar Gembira Mendikbud Nadiem Makarim Naikkan Bantuan KIP Kuliah untuk Mahasiswa Angkatan 2021 /Tangkap layar Instagram.com/@nadiemmakarim

BERITA DIY - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan skema terbaru berkaitan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa baru tahun angkatan 2021.

Dalam skema terbaru itu, Nadiem Makarim menuturkan, bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang akan diberikan kepada mahsiswa peserta KIP Kuliah menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan skema baru itu pula, Nadiem Makarim berharap calon mahasiswa nantinya bisa lebih bebas dalam memilih program studi (prodi) unggulan yang diinginkan karen tak perlu memikirkan persoalan biaya kuliah yang harus dibayarkan nantinya.

Baca Juga: Nadiem Makarim Siap Cairkan Bantuan Rp 12 Juta per Semester untuk Mahasiswa, Begini Cara Mendapatkannya

Begitu pun dengan biaya hidup. Skeman baru ini juga memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk memilih kampus mana pun yang menjadi pilihan mereka tanpa perlu ragu karena memikirkan mahalnya biaya hidup berdasarkan indeks harga daerah.

Sebagai informasi, Kemendikbud menyiapkan anggaran sebesar Rp2,5 triliun untuk KIP Kuliah Merdeka pada tahun 2021 ini. Sementara itu, sebelumnya pada tahun 2020 anggarannya hany sebesar Rp1,3 triliun.

Dengan begitu kenaikannya sangat signifikan.

Pada tahun 2020, calon mahasiswa memang diberi kebebasan untuk memilih prodi yang diinginkan dan di perguruan tinggi yang diinginkan pula. Hanya saja, untuk biaya yang dibantu pemerintah masih dianggap terlalu kecil, yakni Rp2,4 juta per semester.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi HP Oppo A54 dengan HP Xiaomi POCO X3 NFC

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x