Nadiem Makarim Siap Cairkan Bantuan Rp 12 Juta per Semester untuk Mahasiswa, Begini Cara Mendapatkannya

- 30 Maret 2021, 08:58 WIB
Nadiem Makarim  Siap Cairkan Bantuan Rp 12 Juta per Semester untuk Mahasiswa, Begini Cara Mendapatkannya.
Nadiem Makarim Siap Cairkan Bantuan Rp 12 Juta per Semester untuk Mahasiswa, Begini Cara Mendapatkannya. /Instagram.com/@nadiemmakarim

BERITA DIY - Ndiem Makarim mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan akan menaikan bantuan pendidikan pada program KIP Kuliah dengan biaya pendidikan dan biaya hidup sebesar Rp 12 juta per semester.

Nadiem Makarim menyampaikan hal tersebut pada saat meluncurkan Kartu Indonesia Pendidikan (KIP) Kuliah Merdeka.

Karena kenaikan tersebut, Nadiem Makarim mengatakan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah pada 2021 menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Juga: Ditanya Soal Belajar Tatap Muka, Nadiem Makarim: Jangan Tanya pada Saya

“Bagi adik-adik yang ingin mengikuti seleksi PTN seperti UTBK SBMPTN, sekarang adalah kesempatan bagi adik yang kurang mampu tapi berprestasi sekali bisa bermimpi untuk masuk ke program studi di kampus hebat di Indonesia,” ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual Jumat, 26 Maret 2021.

Nadiem Makarim juga mengatakan jika ada siswa KIP Kuliah yang masuk ke program studi hebat di Indonesia, nantinya bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah per semesternya hingga 12 juta per semester.

Sebagia informasi, anggaran skema KIP Kuliah pada tahun 2021 ini sebesar Rp 2,5 triliun. Padahal, sebelumnya pada tahun 2020, anggraran Kemdikbud untuk KIP Kuliah sebesar Rp 1,3 triliun.

Dengan skema sekarang ini, biaya pendidikan yang besaran sebelumnya mencapai Rp 2,4 juta per semester naik hingga Rp 12 juta per semester.

Baca Juga: Kontroversi Dugaan Tak Adil pada Idola K-Pop, Kingdom Beri Klarifikasi

Hal tersebut juga disesuaikan dengan terakreditasi program studi yang diambil oleh peserta KIP Kuliah. Misalnya, untuk program studi dengan akreditasi A maksimal bisa mendapatkan dana Rp 12 juta per semester. Sementara itu, program studi dengan akreditasi B maksimal Rp 4 juta per semester.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x