Doa-doa Katolik: Doa Saat Pertunangan

- 20 Maret 2021, 15:55 WIB
Ilustrasi Pertunangan Katolik.
Ilustrasi Pertunangan Katolik. /Pixabay/MarinaPanina

BERITA DIY – Setelah melewati masa perkenalan, pendekatan dan pacaran, beberapa pasangan beragama Katolik akan melangkah menuju jenjang berikutnya yaitu pertunangan.

Saat melakukan pertunangan, pasangan beragama Katolik akan mengadakan ibadat yang di dalamnya terdapat Doa Saat Pertunangan berikut akan disampaikan contoh teks Doa Pertunangan

Pertunangan yang dilakukan oleh pasagan Katolik tidak boleh diadakan dalam atau digabungkan dalam perayaan Ekaristi, karena belum ada janji kesepakatan perkawinan. Maka, saat pertunangan cukup diadakan ibadat saja.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Masakan Dendeng Daging Balado Khas Padang yang Lezat dan Nikmat

Pertunangan adalah tahapan sebelum perkawinan. Masa pertunangan menjadi waktu untuk melatih penyangkalan diri dan belajar lebih sungguh untuk menanggung suka dan duka bersama-sama sebelum menuju bahtera rumah tangga.

Simbolisasi paling umum dalam pertunangan adalah cincin yang dilakukan oleh keluarga, bukan meraka yang bertunangan. Hal ini menandai relasi cinta antar pasangan yang saling bertunangan.

Berikut contoh Doa Saat Pertunangan.

Ya Bapa di surga, kami bersyukur atas kasih yang telah bersemi dalam hati kami. Dengan bimbingan-Mu kami ingin memuji dan mematangkan hubungan cinta kami dengan lebih sungguh-sungguh. Kami menyadari kelemahan manusiawi kami. Maka kami menyerahkan masa pertunangan ini ke dalam tangan-Mu. Kami ingin mempergunakannya selaras dengan kehendak-Mu.

Ya Bapa, semoga lewat masa pertunangan ini kami semakin saling mengenal. Bantulah kami agar dapat saling bersikap terbuka dan jauhkanlah kami dari sikap sengaja menyembunyikan kelemahan agar keluarga yang akan kami bangun sungguh kokoh.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x