Tips Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut, Pastikan Shampomu Mengandung Bahan Ini

- 11 Maret 2021, 17:20 WIB
Ilustras: Tips memilih shampo sesuai jenis rambut.
Ilustras: Tips memilih shampo sesuai jenis rambut. /Pexels/ Polina Tankilevitch

BERITA DIY – Perawatan rambut menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Perawatan sederhana yang dapat dilakuakn adalah memilih shampo dengan kandungan bahan yang sesuai dengan jenis rambut pemiliknya. Berikut tips lengkap memilih shampo sesuai jenis rambut.

Rambut Lurus

Shampo yang cocok untuk pemilik rambut lurus adalah shampo yang mengandung minyak kelapa, kedelai, almond, bunga matahari, vitamin B5, vitamin C, vitamin E yang dapat menambah volume rambut. Selain itu diperlukan juga kandungan protein seperti polimer anionik dan kationik, beras, dan jagung yang membantu mengikat rambut. Rambut lurus juga memerlukan keratin yang berfungsi untuk menghasilkan rambut yang halus, lembut dan bervolume serta lebih kuat.

Rambut Keriting dan Bergelombang

Rambut  keriting dan bergelombang membutuhkan shampo yang dapat memberikan kelembapan dan hidrasi pada rambut mereka. Shampo dengan kandungan seperti shea butter, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak argan, minyak biji Abyssinian, minyak biji anggur dan minyak biji hitam cocok untuk pemilik rambut keriting dan bergelombang. Selain itu, Gliserin juga diperlukan oleh pemilik rambut keriting dan bergelombang.  

Baca Juga: Jangan Diabaikan! 5 Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh, Salah Satunya Penting untuk Otak

Rambut yang Diwarnai

Rambut yang diwarnai membutuhkan perhatian lebih, sangan disarankan mencari shampo dengan bahan pembersih yang ringan seperti Sodium lauryl sulfoacetate yang bebas sulfat. Selain shampo, pemilik rambut diwarnai juga wajib menggunakan kondisioner yang mengandung gliserin ntuk membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Pemilik rambut yang diwarnai juga dapat menggunakan shampo two in one yang membuat rambut menjadi halus dan berkilau. Selain itu, shampo yang mengandung minyak seperti minyak argan, minyak alpukat, minyak macadamia, minyak kelapa, dan minyak zaitun dapat digunakan untuk membantu menutrisi dan melembabkan rambut.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x