6 Tips Sederhana Mencegah Rambut Rontok

- 22 Februari 2021, 15:13 WIB
Ilutrasi rambut rontok.
Ilutrasi rambut rontok. /Pixabay/Martin Slavoljubovsk

BERITA DIY – Rambut rontok menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh wanita. Beragam cara dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi rambut rontok. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok.

Secara alami rambut manusia memang wajar mengalami kerontokan karena siklus pertumbuhan dan perkembangan rambut. Namun jika rambut rontok ini terjadi secara terus menerus dan berkepanjangan maka akan menyebabkan kebotakan.

Manusia rata-rata memiliki sekitar 100 hingga 150 ribu helai rambut, sehingga jika jumlah rambut rontok masih di bawah seratus helai per hari masih merupakan kerontokan yang wajar.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

Rambut rontok masih dapat dikatakan wajar apabila kerontokan terjadi saat sedang di sisir dalam kondisi basah, setelah melahirkan, saat perubahan musim, dan saat bangun tidur dengan jumlah kurang dari sepuluh helai.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak hal seperti faktor keturunan, keadaan diri yang sedang stres, kekurangan protein, kekurangan darah, gangguan pada kelenjar tiroid, kondisi kulit kepala yang tidak sehat, dan terlalu sering menata rambut.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok, salah satunya adalah merawat rambut dengan hati-hati sejak dini mampu membantu mencegah rambut rontok dan menjadi tipis.

Baca Juga: 5 Menu Sandwich Sehat Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Turunkan Berat Badan

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi rambut rontok.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x