Agar Tak Mudah Stress, Lakukan 7 Cara Ini untuk Jaga Kesehatan Mental

- 18 Desember 2020, 14:52 WIB
Ilustrasi: Cara menjaga kesehatan mental agar tak mudah stress.
Ilustrasi: Cara menjaga kesehatan mental agar tak mudah stress. /pixabay/ athree23

BERITA DIY-Selain fisik, menjaga kesehatan mental juga diperlukan agar tidak mudah stress. Kesehatan mental sendiri memiliki peran yang penting untuk mengolah perasaan dan emosi.

Ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu tetap stabil, atau dapat meminimalisir kondisi stress berat yang dihadapi sehari-hari.

Efek dari menjaga kesehatan mental sendiri sangat luar biasa, yang paling dapat dirasakan salah satunya adalah pandai bersyukur dan tidak mudah terbawa perasaan.

Baca Juga: Kampanye ShopeePay Rp1 Cetak Rekor, 100 Ribu Lebih Voucher Terjual di 12 Menit Awal di Puncak 12.12

Berikut 7 cara mudah untuk jaga kesehatan mental agar tidak mudah stress:

  1. Ajak diri sendiri berpikir positif

Mengajak diri sendiri untuk berfikir positif adalah salah satu cara mudah untuk jaga kesehatan mental. Kamu dapat melakukannya setiap pagi di depan cermin ketika bangun tidur, seperti mengatakan, “Kamu hebat, kamu cantik, kamu tampan, kamu sudah melakukan yang terbaik, semua akan baik-baik saja”.

Cara ini dapat membuat emosimu menjadi lebih stabil dan kamu lebih banyak bersyukur atas kerja keras yang telah kamu lakukan.

Baca Juga: Cara Aktivasi KIP untuk Dapat Bantuan PIP: Klik pip.kemdikbud.go.id, Rp1 juta Per Siswa Cair

  1. Syukuri hidup, tulis pada tempat yang menarik

Selain berkata di depan cermin, kamu juga dapat mulai mensyukuri apa yang telah terjadi hari ini dengan cara menulis. Kamu dapat menuliskannya pada kertas sticky note berwarna-warni lalu menggulung dan memasukkannya ke toples kaca, dan letakkan di meja kerjamu.

Ini akan dapat memberikan rasa positif dan rasa selalu bersyukur setiap hari. Cara mudah ini rupanya dapat menjaga kesehatan mentalmu dan menghindari stress.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x