7 Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan: Mulai dari Diabetes, Obesitas hingga Kanker

- 10 Desember 2020, 13:00 WIB
Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan
Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan /pixabay/ @digitalphotoslinds

BERITA DIY - Memasuki musim penghujan, mengonsumsi makanan yang berkuah tentunya menjadi sangat nikmat, salah satunya mie instan. Mie instan menjadi salah satu pilihan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga hingga anak kos di musim hujan maupun di akhir bulan.

Harganya yang murah, cara pembuatannya yang praktis serta rasanya yang nikmat menjadi alasan mengapa mie instan sangat digemari oleh berbagai kalangan. Namun di balik itu semua, rupanya mie instan tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini karena kandungan zat kimia dalam mie instan yang dicampur selama proses produksi. Beberapa zat tersebut adalah zat pewarna kuning atau tartrazine, MSG, food additive, dan natrium polifosfat yang berfungsi sebagai pengemulsi, penstabil dan pengental.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Nikmat Disantap Saat Hujan Selain Mie Rebus

Berikut beberapa efek yang dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi mie instan:

  1. Kerusakan Hati dan Gagal Ginjal

Mie Instan mengandung zat Proplene Glycol yang berbahaya bagi hati dan ginjal. Zat tersebut dapat merusak dan mengganggu kerja hati jika terlalu sering mengonsumsi mie instan. Selain tidak baik bagi hati, zat Proplene Glycol juga dapat merusak kerja organ vital, ginjal. Banyak mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal.

  1. Diabetes dan Kencing Manis

Meskipun memiliki rasa yang gurih, namun kandungan gula dalam mie instan cukup banyak. Kandungan gula yang berlebih tersebut dapat memincu penyakit kencing manis dan diabetes.

Baca Juga: Tips Foto Makanan Agar Terlihat Menarik Bagi Para Pemula, Simak Caranya Di Sini

  1. Obesitas dan menurunkan metabolisme tubuh.

Efek yang diberikan setelah mengonsumsi mie instan memang mengenyangkan. Selain itu, kalori dan karbohidrat dalam mie instan sudah banyak. Namun ternyata mie instan yang dikonsumsi sebenarnya hanya memberikan sedikit energi sehingga beberapa saat setelah mengonsumsi mie instan kita akan mudah merasa lapar. Selain itu, mie instan juga dapat menurunkan metabolisme tubuh karena zat kimia yang terkandung di dalamnya. Kandungan garam dalam mie instan juga dapat membuat perut kita buncit.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x