Cara Mengisi e-HAC dengan Benar di PeduliLindungi, Wajib Diisi Penumpang Pesawat

- 16 April 2022, 17:14 WIB
Ilustrasi cara mengisi e-HAC dengan benar di PeduliLindungi, wajib bagi calon penumpang pesawat domestik.
Ilustrasi cara mengisi e-HAC dengan benar di PeduliLindungi, wajib bagi calon penumpang pesawat domestik. /Tangkap layar instagram.com/@pedulilindungi.id

BERITA DIY - Simak cara mengisi e-HAC dengan benar di PeduliLindungi. Bagi penumpang pesawat form ini wajib diisi ketika akan melakukan penerbangan hingga sampai ke bandara tujuan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan kebijakan terkait penggunaan e-HAC yang bisa diisi di Aplikasi PeduliLindungi oleh penumpang pesawat terbang sebagai bukti perjalanan di tengah pandemi Covid-19.

Bagi calon penumpan pesawat yang belum pernah melakukan hal ini, tulisan akan menjelaskan dan merinci cara mengisi e-HAC dengan benar di Aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul atau Hilang di Peduli Lindungi

Sebelumnya, calon penumpang harus mengetahui terlebih dahulu apa itu e-HAC sebagai syarat wajib perjalanan domestik melalui pesawat terbang.

Dikutip dari "Panduan Pengguna Aplikasi e-HAC" yang dikeluarkan oleh Kemenkes, e-HAC merupakan singkatan dari 'Electronic-Health Alert Card', yaitu Kartu Kewaspadaan Kesehatan.

Nantinya masyarakat mengisi sejumlah data yang diminta pada sistem atau di Aplikasi PeduliLindungi melalui menu 'e-HAC'. 

Baca Juga: 3 Cara Cek Lokasi Vaksin Booster Terdekat Secara Online, Bisa Pakai Google Maps

Lalu akan muncul barcode dan tunjukkan ke petugas di bandara keberangkatan maupun tujuan ketika diminta.

Belakangan, Aplikasi PeduliLindungi juga telah mendukung e-HAC. Sehingga, calon penumpang tak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan di HP.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x