Ketahui Khasiat Kunyit yang Kaya Manfaat untuk Mengobati Berbagai Penyakit

- 12 November 2020, 13:05 WIB
Kunyit untuk kesehatan tubuh.
Kunyit untuk kesehatan tubuh. /freepik.com

BERITA DIY - Kunyit atau kunir atau nama ilmiahnya Curcuma Longa termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat dari keluarga jahe-jahean. Tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara, tanaman ini memiliki segudang manfaat.

Kunyit berguna untuk pelengkap bumbu masakan, jamu, bahkan kecantikan dan obat.

Kunyit juga terkenal karena memiliki kandungan kurkumin yang senyawanya bersifat anitumor dan antioksidan. Senyawa ini punya banyak kegunaan medis.

Maka tak heran jika mengonsums kunyit sesuai dengan dosis, jangka waktu, dan komitmen bisa menyembuhkan suatu penyakit tertentu, atau memberikan efek yang positif.

Baca Juga: 10 Tips Sukses PDKT dengan Gebetan: Mulai Chat, Ketemuan, Sampai Jadian

Inilah sederet manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan kurkumin dalam kunyit sudah dibuktikan bisa menghambat pertumbuhan sel kanket di kepala dan leher. Kurkumin ini memblokir enzim yang menyuburkan pertumbuhkan kanker.

Mengonsumsi 1.000 miligram kurkumin sebanyak dua tablet sesuai anjuran dokter terbukti bisa mencegah penyebaran kanker karena khasiat kurkumin yang ada di kunyit.

2. Senyawa antioksidan kuat

Tubuh bisa mengalami oksidasi, suatu kondisi reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas sehingga bisa memicu rekasi berantai yang dapat merusak sel protein dan DNA. Kondisi ini bisa menyebablan kanker, penuaan, dan penyakit lainnya.

Keberadaan kunyit bisa menjadi antioksidan yang bisa membantu memperkuat metabolisme tubuh dari oksidasi. Sifat antioksidan yang ada di dalam kurkumin kunyit sangat kuat untuk memerangi radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga: Tips Sederhana yang BIsa Dilakukan agar Wajah Terlihat Lebih Awet Muda

3. Sebagai anti-peradangan (antiinflamasi)

Sebuah penelitian di Universitas Arizona melakuakn eksperimen kurkumin kunyit pada tikus dengan rheumatoid arthritis atau peradangan sendi akibat sitem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri.

Hasilnya suntikan kurkumin pada pretreatment berhasil menghambat tumbuhnya rheumatoid arthritis pada tikus dan menunjukkan adanya pengurangan gejala yang signifikan.

Kunyit menjadi salah satu obat anti-peradangan atau antiinflamasi alami yang paling ampuh.

Sebab itu mengonsumsi kunyit yang sudah diolah menjadi sebuah minumam hangat dengan dosis yang pas bisa mengatasi naiknya asam lambung, mengatasi nyeri haid, membantu atasi kram perut, mencegah gejala premenstrual syndrome (PMS), dan memperbaiki suasana hati.

4. Menurunkan risiko Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting di otak. Koneksi sel otak dan sel-sel sendiri akan menurun dan mati. Diawali dengan gejala demensia yang secara bertahap akan semakin memburuk.

Kurkumin pada kunyit diteliti dan dinyatakan mampu meningkatkan ingatan dan perubahan suasana hati pada orang yang menderita gejala demensia yang menyebabkan alzheimer.

Baca Juga: 6 Tips Belanja Aman dan Cermat Memilih Produk Sesuai Ekspektasi di Online Shop

Pada sebuah penelitian, orang dewasa dengan rentang umur 50-90 tahun diminta untuk meminum pil kurkumin atau plasebo selama 18 bulan. Hasilnya memori dan perhatian partisipan penlitian meningkat sebesar 20 persen.

5. Menekan penyakit jantung dan diabetes

Kurkumin pada kunyit bisa membantu mencegah penmpukan plak yang terjadi di dalam saluran darah atau jantung. Plak pada umumnya dapat menyumbat arteri dan bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Meski begitu besar dan banyak manfaat yang dimiliki kunyit, hasilnya tidak akan baik jika mengonsumsinya secara berlebihan. Apapun yang dikonsumsi berlebihan itu tidak baik.

Kunyit punya efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak seperti, batu ginjal, intolerasi gluten dan celiac, kontraksi, sakit kepala dan mual.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x