10 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung: Minum Air Jahe hingga Atur Batasan Porsi Makan

- 31 Oktober 2020, 13:35 WIB
Ilustrasi sakit perut.
Ilustrasi sakit perut. /PEXELS/Cottonbro

BERITA DIY - Mengalami perut kembung atau begah rasanya sangat menganggu aktivitas harian. Gangguan ini berasal dari sistem pencernaan, perut kembung terjadi ketika ada sejumlah gas yang menumpuk dan terjebak di dalam perut.

Umunya mengalami perut kembung tidak berbahaya dan dapat mereda sendiri seiring waktu. Namun akan sangat menggangu bukan jika melakaukan aktivitas dengan perut terasa penuh dengan angin.

Baca Juga: 7 Cara Aman Memutihkan Kulit Ketiak Hitam Secara Alami, Mudah dan Murah

Minum obat tertentu mungkin bisa saja membantu meredakan perut kembung lebih cepat, namun ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk meringankan rasa begah yang dialami perut.

1. Keluarkan kentut atau sendawa
Saat terjadi perut kembung kentut atau bersendawa akan sangat membantu tubuh mengeluarkan angin. Jangan menahan angin yang akan dikeluarkan melalui kentut atau sendawa, karena itu cara alami tubuh mengatasi perut kembung.

Atau ketika merasa ingin buang air besar (BAB) cepet-cepat saja dikeluarkan, gas akan keluar bersamaan dengna feses dan membuat perut menjadi lebih lega.

2. Minum air jahe atau kunyit
Jahe bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi maag dan kembung. Mengonsumsi jahe ini bisa dengan cara dikunyah langsung atau lebih dulu diparut kemudian diseduh dengan air hangat atau teh hangat.

Selain jahe, kunyit juga berkhasiat untuk berbagai masalah perncernaan, mulai dari sakit perut, mulas, dan perut kembung. Caranya dengan meminum ramuan herbal seperti jamu sari kunyit.

Baca Juga: Sinopsis Anak Band di SCTV Malam Ini Sabtu, 31 Oktober 2020: Gilang dan Cahaya Menikah?

3. Olahraga ringan
Ketika perut kembung sebenarnya yang terjadi otot-otot di saluran pencernaan mengalami perubahan. Oleh karena itu untuk merilekskan otot-otot di saluran pencernaan bisa dilakukan dengan berolahraga ringan.

Cukup dengan berjalan kaki santai atau melakukan yoga dengan beberapa teknik pernapasan bisa membantu membuang gas berlebih di dalam perut.

4. Kompres air hangat
Cara ini cukup mudah untuk membantu mengatasi perut kembung. Cukup dengan rendam waslap atau kain bersih dalam wadah berisi air panas. Kemudian peras kain hingga kelebihan air terbuang.

Setelahnya, tempelkan kain kompresan air panas itu di atas perut selama 10-15 menit untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Siap Tayang Bulan November 2020, Jangan Lewatkan: True Beauty hingga Live On

Atau bisa juga menggunakan botol berisi air panas dan dibalut dengan kain tips untuk mengompres perut supaya panasnya lebih tahan lama.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah dan melenturkan otot-otot perut sehingga mengurangi nyeri kembung dan membantu mengeluarkan kelebihan gas.

5. Memijat perut
MEngeluarkan gas berlebih dalam perut dengan bantuan dari luar seperti pijatan di bagian perut bisa sangat berpengaruh.

Caranya, letakan kedua tangan di atas tulang pinggul sebelah kanan. Pijat perlahan dengan gerakan memutar, dan berikan tekanan ingan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Arahkan pijatan ke perut bagian atas, lalu ke tulang rusuk sebelah kiri.Lanjutkan pijatan ke bagian bawah ke arah tulang pinggul sebelah kiri.

Ulangi cara tersebut seperlunya.

Baca Juga: 2 Hari Lagi Tutup! Begini Cara dan Syarat Daftar Online Bantuan UMKM Rp31 Juta dari Facebook

6. Konsumsi probiotik
Dengan menambah bakteri baik dengan mengonsumsi probiotik atau mikroorganisme hidup, bisa mengatasi perut kembung. Probiotik yang bisa dikonsumsi di antaranya yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

7. Hindari makanan dan minuman yang meningkatkan kadar gas
Parhatikan jenis makanan yang dikonsumsi ketika mengalami kembung. Makanan yang bisa meningkatkan kadar gas dalam lambung adalah makanan seperti bawang, jamur, kacang-kacangan, brokoli, hingga makanan yang terbuat dari gandum utuh.

Sedangkan untuk minuman, hidari dulu minuman yang bisa meningaktkan kadar gas seperti bir, soda, dan minuman berkarbonasi. Minuman-minuman tersebut mengandung sejumlah karbon dioksida yang dapat menimbulkan gelembung di perut.

8. Makan secara perlahan
Makan dengan terburu-buru tidak ada manfaatnya. Apalagi ketika perut sedang kembung, sangat dianjurkan untuk makan dan mengunyah perlahan hingga makanan benar-benar hancur.

Makan terlalu cepat bisa memicu masuknya banyak udara ke dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Sinopsis Samudra Cinta di SCTV Malam Ini Sabtu, 31 Oktober 2020, Samudra Bogkar Ulah Panji

9. Batasi porsi makan
Sebaiknya berhenti makan sebelum kenyang. Kebanyakan orang merasa begah setelah makan dalam porsi besar. Hal ini malah membuat perasaan setelah makan jadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal semacam itu, sebaiknya atur porsi makan dalam sehari dengan memberi batasan porsi makan.

Jika memang ingin makan banyak sebaiknya tidak dilakukan dalam satu kali sesi makan, namun membaginya dalam beberapa porsi makan ukuran kecil atau sedang.

10. Tidak bicara ketika makan
Berbicara saat makan akan memasukkan banyak udara ke dalam perut itu yang membuat perut terasa kembung setelah makan. Sebaiknya berhenti bicara terlbeih dahulu semalam makan.

Itulah 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah perut kembung.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x