Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Penghujan agar Tidak Gampang Sakit

- 8 November 2020, 11:35 WIB
Ilustrasi musim hujan
Ilustrasi musim hujan /pixabay/ free-photos

BERITA DIY - Saat ini kita mulai memasuki musim penghujan. Tak jarang pada musim ini, tubuh kita mengalami penurunan sistem imun sehingga kita menjadi sakit. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut tips agar tetap sehat saat musim hujan yang telah dihimpun oleh Tim Berita DIY dari berbagai sumber.

  1. Jaga pola makan

Anda perlu memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dari makanan seperti nasi merah, kentang, dan gandum. Selain itu konsymsi bawang putih, jahe, sayuran dan buah-buah juga sangat penting. Sebagai tambahan anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, keju dan yoghurt. Anda juga dapat mengonsumsi makan yang hangat agar tubuh juga menjadi hangat.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, 8 November 2020: Virgo Kendalikan Dirimu, Libra Jangan Gegabah

  1. Berolahraga dan Pastikan Tetap Terhidrasi

Meskipun hari hujan, anda dapat tetap berolahraga di dalam rumah seperti workout, maupun aktivitas fisik lainnya. Selain itu, anda harus tetap mengonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter setiap harinya. Anda juga dapat mengonsumsi teh tawar hanga atau air jahe saat anda merasa kedinginan. Jangan biarkan tubuh anda kekurangan cairan.

  1. Tidur yang cukup

Saat hujan, tidur menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun anda perlu mengatur tidur anda agar tidak kelebihan dan kekurangan agar metabolisme tubuh anda baik. Hindari begadang yang dapat menurunkan sistem imun anda.

Baca Juga: PT. KAI Bagi-bagi 10 Ribu Voucher Tiket Gratis untuk Guru, Bidan, dan Perawat: Begini Cara Dapatnya

  1. Gunakan pakaian hangat

Jika anda merasa kedinginan saat musim hujan, segeralah mengenakan jaket, sweater, baju lengan panjang dan celana panjang untuk mencegah tubuh menggigil dan sakit. Saat kamu beraktivitas di luar rumah anda dapat membawa cadangan baju, sepatu dan kaus kaki agar saat anda terkena hujan bandan anda tidak kedinginan karena mengenakna pakaian basah.

  1. Konsumsi vitamin

Mengosumsi vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda. selain itu juga untuk menambah nutri dalam tubuh yang tidak didapat saat memakan buah dan sayur. Vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah vitamin C.

Perhatikan kesehatan tubuhmu pada musim hujan agar kegiatan yang telah kamu rencanakan tidak terganggu karena kamu jatuh sakit. Semoga bermanfaat.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x