Contoh Soal Seleksi Magang Pertamina Hulu Rokan: Kupas Tuntas Tes Potensi Akademik

- 29 November 2023, 14:30 WIB
Contoh soal seleksi magang di PT Pertamina Hulu Rokan, mengupas tuntas Tes Potensi Akademik (TPA) semua jenis.
Contoh soal seleksi magang di PT Pertamina Hulu Rokan, mengupas tuntas Tes Potensi Akademik (TPA) semua jenis. /Tangkap layar: magangphr.pcr.ac.id

BERITA DIY – Berikut ini merupakan contoh soal dalam seleksi magang PT Pertamina Hulu Rokan berupa Tes Potensi Akademik (TPA).

Salah satu perusahaan migas terbesar di Indonesia, PT Pertamina Hulu Rokan, membuka program magang pada tanggal 13 November 2023 lalu. Program ini diperuntukkan bagi para lulusan D3/D4/S1 perguruan tinggi.

Pendaftaran ditutup pada tanggal 26 November 2023. Semua berkas yang sudah dikumpulkan akan melalui tahap screening yang diumumkan hasilnya pada hari berikutnya.

Bagi pendaftar yang lolos tahap screening, mereka akan melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) antara tanggal 28 November sampai 6 Desember 2023.

Baca Juga: Cek Nama Penerima PIP Kemdikbud 2023 Pakai NIK NISN Login pip.kemdikbud.go.id, BLT KIP November Cair BRI BNI

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan jenis psikotes yang biasa digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi maupun proses rekrutmen tenaga kerja. Dari hasil tes ini, kemampuan berpikir kritis serta kecerdasan intelektual pendaftar dapat diketahui.

Terdapat tiga aspek utama yang dinilai dalam Tes Potensi Akademik (TPA), yakni verbal, figural, dan numerikal. Penilaian dalam tes ini menggunakan skor. Makin banyak soal yang terjawab dengan benar, maka skor yang didapatkan akan semakin tinggi.

Untuk soal TPA verbal, jenis ini memiliki tiga bagian. Sinonim, antonim, dan analogi akan diujikan dalam tes ini.

Tujuan tes TPA verbal adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa dan berkomunikasi seseorang. Hal ini secara tidak langsung sudah dipelajari ketika menjadi mahasiswa, seperti memahami tulisan ataupun penjelasan dosen serta bisa melakukan presentasi.

Baca Juga: UANG Tunai Rp1 Juta PIP Kemdikbud 2023 Sudah Bisa Diambil KIP INI hingga Desember dan Cara NIK NISN Dapat Lagi

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x