Hore! Siswa Tanpa KIP Dapat PIP Juli 2023: Cara Cek Data Penerima di HP Pakai NISN dan NIK, Cair Rp1 Juta

- 28 Juli 2023, 14:16 WIB
Ilustrasi - Hore! Siswa tanpa KIP dapat PIP Juli 2023, ini cara cek data nama penerima pewat HP di link resmi Kemdikbud modal NISN dan NIK, cair Rp1 juta.
Ilustrasi - Hore! Siswa tanpa KIP dapat PIP Juli 2023, ini cara cek data nama penerima pewat HP di link resmi Kemdikbud modal NISN dan NIK, cair Rp1 juta. /Tangkap layar pip.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Hore! Siswa tanpa KIP dapat PIP Juli 2023, ini cara cek data nama penerima lewat HP di link resmi Kemdikbud modal NISN dan NIK, cair Rp1 juta.

Bantuan uang tunai PIP diberikan kepada anak usia sekolah yakni antara usia 6 sampai 21 tahun yang berasal dari golongan miskin atau rentan miskin.

Sesuai ketentuan Kemdikbud, siswa tanpa KIP bisa dapat PIP Juli 2023. Lalu bagaimana cara cek data nama penerima lewat HP modal NISN dan NIK agar cair Rp1 juta?

Perlu diketahui jika data penerima PIP baik pemegang KIP ataupun bukan dapat dicek di laman resmi dari Kemdikbud yakni di laman SIPINTAR, dengan alamat link pip.kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Pakai NISN dan NIK Cek Penerima PIP Kemdikbud 2023, Siswa dengan Syarat KIP dan Masuk DTKS Dapat Rp1 Juta

KIP atau Kartu Indonesia Pintar merupakan kartu yeng diberikan kepada siswa sebagai identitas penerima PIP. Namun tidak semua pemegang KIP bisa dapat PIP.

Pemegang KIP yang bisa mendapat bantuan ini adalah mereka yang datanya masuk dalam data pemadaan Dapodik dengan DTKS dan P3KE, serta dinyatakan layak dapat PIP oleh sekolah di Dapodik.

Kemudian PIP juga diberikan kepada siswa SD, SMP, SMA hingga SMK yang memenuhi syarat dari Kemdikbud. Selain siswa yang punya KIP, siswa dengan ciri di bawah bisa dapat bantuan uang tunai PIP:

  • Siswa dari keluarga penerima PKH atau KKS 
  • Siswa yatim/piatu/yatim piatu
  • Siswa yang terdampak bencana
  • Siswa yang dikeluarkan dari sekolah dan diharapkan kembali sekolah
  • Siswa difabel
  • Siswa yang punya lebih dari 3 saudara dalam satu rumah
  • Dll

Baca Juga: Sudah Ditransfer ke Rekening! Cek Penerima PIP cair Juli 2023 di HP, Siswa Dapat Tanda Ini Ambil Uang ke ATM

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x