Bacaan Niat Puasa Rajab Teks Arab, Latin, dan Artinya, Simak Kapan Tanggal Puasa, Panduan, dan Keutamaan

- 22 Januari 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Berikut tersaji bacaan puasa Rajab dalam teks Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi - Berikut tersaji bacaan puasa Rajab dalam teks Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@Serdar_A

BERITA DIY - Simak bacaan niat puasa Rajab dalam teks Arab, latin, dan artinya. Dalam artikel ini juga tertera jadwal kapan tanggal puasa, panduan, dan keutamaan.

Bulan Rajab tahun 2023 akan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023 besok. Dalam ajaran Islam, dianjurkan untuk melaksanakan puasa Rajab.

Hal itu tidak terlepas dari firman Allah SWT yang mengatakan bahwa bulan Rajab dalam kalender Hijriyah adalah salah satu bulan yang suci.

Allah SWT mengatakan mengenai sucinya bulan Rajab ini dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 36, berikut isinya:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Baca Juga: Niat Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Senin-Kamis, Bolehkah? Simak Penjelasannya Lengkap Beserta Doa Berbuka

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada 4 bulan haram. (QS At-Taubah: 36).

Mengutip laman NU Jatim dari Imam Fakhruddin al-Razi, empat bulan haram (suci) dalam ayat tersebut adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Kesucian bulan Rajab dalam 4 bulan haram dalam firman Allah SWT berbeda dengan jenis kesucian bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x