Niat Puasa Rajab Digabung dengan Puasa Senin-Kamis, Bolehkah? Simak Penjelasannya Lengkap Beserta Doa Berbuka

- 22 Januari 2023, 16:40 WIB
Ilustrasi. Simak niat Puasa Rajab yang digabung dengan Puasa Senin-Kamis berdasarkan pendapat ulama dilengkapi dengan doa berbuka.
Ilustrasi. Simak niat Puasa Rajab yang digabung dengan Puasa Senin-Kamis berdasarkan pendapat ulama dilengkapi dengan doa berbuka. /Pixabay.com/chiplanay

BERITA DIY – Berikut merupakan niat Puasa Rajab yang digabung dengan Puasa Senin-Kamis. Bagaimanakah hukumnya? Simak penjelasan lengkap beserta doa berbuka dalam artikel ini.

Bulan Rajab termasuk ke dalam bulan yang dimuliakan karena bertepatan dengan Isra Mi’raj. Tahun ini, Bulan Rajab akan jatuh pada hari Senin, 23 Januari 2023.

Banyak amalan yang dapat dikerjakan saat Bulan Rajab tiba, salah satunya yaitu dengan memperbanyak Puasa Sunnah.

Terdapat beberapa macam Puasa sunnah yang dapat dikerjakan di antaranya yaitu Puasa Rajab, Ayyamul Bidh, dan Senin-Kamis.

Baca Juga: Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Rajab Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Mengingat Puasa Rajab yang jatuh bertepatan dengan hari Senin, banyak masyarakat yang mencari tahu apakah Puasa Rajab boleh digabung dengan Puasa Senin-Kamis?

Dikutip BeritaDIY dari Youtube instaqwa, terdapat pendapat salah satu ulama dalam kitab al-Fawaid al-Janiyah yang menjelaskan bahwa menggabungkan niat ibadah sunnah dengan ibadah sunnah yang lain itu diperbolehkan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x