Kapan Jadwal Puasa Rajab 2023 Dimulai? Ini Tata Cara dan Bacaan Niat: Arab, Latin, dan Artinya

- 22 Januari 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi - Cek jadwal Puasa Rajab dengan tata cara dan bacaan niat Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi - Cek jadwal Puasa Rajab dengan tata cara dan bacaan niat Arab, latin, dan artinya. /Pixabay/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak penjelasan kapan jadwal Puasa Rajab 2023 lengkap dengan tata cara beserta dengan bacaan niat dalam Bahasa Arab, latin, dan artinya Bahasa Indonesia.

Salah satu ibadah atau amalan yang dianjurkan dilakukan oleh umat Islam adalah dengan melaksanakan Puasa Rajab.

Sesuai dengan namanya Puasa Rajab merupakan ibadah puasa yang dilakukan atau dilaksanakan selama 10 hari pertama dalam bulan Rajab sesuai dengan perhitungan kalende Hijriyah.

Puasa Rajab sesuai dengan yang ditetapkan diketahui bahwa memiliki hukum Sunnah yaitu dianjurkan untuk dilaksanakan namun tidak berdosa jika tidak melaksanakannya.

Baca Juga: Bacaan Niat Ganti Puasa Ramadhan Karena Haid Lengkap dengan Hukum, Tulisan Latin, Beserta Artinya Cek di Sini

Meskipun memiliki hukum Sunnah, namun ibadah Puasa Rajab mempunyai berbagai keutamaan. Salah satunya adalah mengenai keistimewaan bulan tersebut yang telah disebutkan.

Keutamaan yang dimiliki dalam bulan Rajab tersebut seperti yang tersurat dalam Surat At Taubah Ayat 36 sebagai berikut ini:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: 

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x