Bacaan Niat Ganti Puasa Ramadhan Karena Haid Lengkap dengan Hukum, Tulisan Latin, Beserta Artinya Cek di Sini

- 21 Januari 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi. – Simak informasi bacaan niat ganti puasa Ramadhan karena haid dilengkapi dengan hukum, tulisan latin, serta artinya dapat Anda cek di sini.
Ilustrasi. – Simak informasi bacaan niat ganti puasa Ramadhan karena haid dilengkapi dengan hukum, tulisan latin, serta artinya dapat Anda cek di sini. /Pixabay.com/freebiespic

BERITA DIY – Berikut ini merupakan bacaan niat ganti puasa Ramadhan karena haid yang dilengkapi dengan hukum, tulisan latin, dan artinya dapat Anda cek di sini.

Umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa disaat bulan suci Ramadhan telah tiba. Hal ini karena ibadah puasa saat bulan ramadhan hukumnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan.

Wajib disini memiliki makna bahwa ketika seorang muslim menunaikan ibadah puasa tersebut maka ia akan mendapatkan pahala. Namun, apabila tidak dikerjakan maka akan mendapat dosa.

Oleh karena itu, setiap muslim yang berhalangan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan entah karena sakit atau sesuatu hal yang lain, maka wajib hukumnya mengganti puasa tersebut dihari lain.

Baca Juga: 1 Rajab 2023 Jatuh Tanggal Berapa? Kapan Puasa Rajab Dimulai? Ini Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Rajab

Namun bagi lansia yang sudah sangat berat dan tidak mampu melaksanakan puasa Ramadhan atau membayarnya maka diwajibkan untuk mengganti dengan cara bayar fidyah.

Salah satu kondisi dimana seorang muslim tidak dapat melaksanakan ibadah puasa adalah ketika ia sedang dalam masa haid atau menstruasi (bagi perempuan).

Maka dari itu, seorang wanita yang tidak melaksanakan puasa Ramadhan karena haid wajib hukumnya mengganti puasa tersebut sesegera mungkin.

Keharusan untuk membayar puasa Ramadhan ini ada dalam QS. Al-Baqarah ayat 184 yang artinya:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x