Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

- 18 Januari 2023, 18:04 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa sunnah setiap Senin Kamis yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW, dan puasa ini adalah amalan yang berbeda dari puasa lainnya.
Ilustrasi bacaan niat puasa sunnah setiap Senin Kamis yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW, dan puasa ini adalah amalan yang berbeda dari puasa lainnya. /pexels.com/@shahid sultan

BERITA DIY - Simak bacaan niat puasa sunnah setiap Senin Kamis, beserta tulisan arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia di sini.

Puasa sunnah adalah kebiasaan Rasulullah SAW yang hingga kini diamalkan oleh umat muslim. Rasulullah SAW telah terbiasa mengamalkan puasa sunnah Senin dan Kamis, inilah salah satu amalan yang tidak pernah beliau tinggalkan.

Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i mengenai kebiasaan Rasulullah berpuasa di tiap hari Senin dan Kamis sebagai berikut:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An-Nasa'i no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin Kamis dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya Lengkap Keutamaan Ibadah

Dua hari itu juga dikatakan sebagai momen naiknya catatan amal tiap hamba Allah SWT. Karena itu, alangkah baiknya bila ketika penyetoran amalan berlangsung, diri ini sedang dalam keadaan berpuasa sunnah.

Ibadah puasa sunnah Senin Kamis ini juga rutin diamalkan oleh orang-orang yang ingin hatinya tenang dan untuk menyehatkan badan.

Puasa sunnah dalam Islam terdiri dari berbagai macam dan salah satunya adalah Puasa Senin Kamis yang dilaksanakan sesuai dengan namanya yaitu Senin dan Kamis.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x