Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin Kamis dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya Lengkap Keutamaan Ibadah

- 8 Januari 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa sunnah yang dilaksanakan hari Senin Kamis, keutamaan lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi bacaan niat puasa sunnah yang dilaksanakan hari Senin Kamis, keutamaan lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY – Amalan puasa sunnah dalam Islam terdiri dari berbagai macam salah satunya adalah puasa Senin Kamis. Sesuai namanya, puasa Senin Kamis dilaksanakan pada setiap hari Senin dan Kamis.

Simak bacaan niat puasa sunnah yang dilaksanakan hari Senin Kamis, keutamaan lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, ibadah puasa adalah salah satu ibadah yang dicontohkan dan sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa sunnah akan mendapatkan imbalan berupa pahala bagi umat muslim di hadapan Allah SWT yang berbeda dibanding kebaikan atau ibadah yang lainnya.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023, Bacaan Niat Puasa dan Buka Puasa serta Keutamaan

Salah satu bentuk amalan ibadah puasa sunnah yang sering dijalani oleh Rasulullah SAW adalah puasa pada hari Senin dan Kamis.

Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i mengenai kebiasaan Rasulullah berpuasa di tiap hari Senin dan Kamis sebagai berikut:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An-Nasa'i no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x