Bacaan Niat, Syarat Sah, dan Tata Cara Laksanakan Sholat Jamak Taqdim dan Takhir

- 10 Juni 2021, 16:45 WIB
Ilustrasi - Menjalankan sholat jamak bagi umat Islam yang sedang bepergian atau melakukan perjalanan jauh.
Ilustrasi - Menjalankan sholat jamak bagi umat Islam yang sedang bepergian atau melakukan perjalanan jauh. /Pixabay/rudolf_langer

BERITA DIY - Umat Islam di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah sholat lima waktu dan apabila meninggalkan ibadah sholat maka akan mendapatkan dosa besar.

Allah SWT memberikan keringanan pada umat Islam yang sedang bepergian atau melakukan perjalanan yang mencapai fasak 88 kilometer, 80 kilometer, 64 kilometer, 94,5 kilometer untuk meringkas waktu sholatnya menjadi satu waktu.

Pelaksanaan sholat jamak selain harus memenuhi syarat fasak juga hanya dapat dilakukan untuk menggabungkan waktu sholat tertentu yaitu sholat Dzuhur dan sholat Ashar atau sholat Maghrib dan sholat Isya.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri yang Wajib Diketahui Umat Islam, Lengkap Niat, Jumlah Takbir Pertama dan Kedua

Sholat jamak dibagi menjadi dua yaitu sholat jamak taqdim yang pengerjaan penggabungan sholat dilaksanakan pada waktu salat yang pertama atau awal, dan sholat jamak takhir pelaksanaannya di waktu sholat yang terakhir.

Niat sholat jamak Taqdim (dilakukan pada waktu Dzuhur atau Maghrib)

"Ushollii fardlozh ..... arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al ..... adaa-an lillaahi ta’aalaa."

Artinya: Aku sengaja sholat fardu (salat yang dilaksanakan) 4 rakaat yang dijama’ dengan (salat yang dijamak bersama salat yang hendak dilaksanakan), fardu karena Allah Ta’aala.

Niat sholat jamak Takhir (dilakukan pada waktu sholat Ashar atau Isya)

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x