Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023, Bacaan Niat Puasa dan Buka Puasa serta Keutamaan

- 2 Januari 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi - Informasi jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Januari 2023, bacaan niat puasa dan buka puasa lengkap dengan keutamaan.
Ilustrasi - Informasi jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Januari 2023, bacaan niat puasa dan buka puasa lengkap dengan keutamaan. / UNSPLASH/@photosimon

BERITA DIY - Simak jadwal puasa Ayyamul Bidh Januari 2023, bacaan niat puasa dan buka puasa serta keutamaan.

Memasuki bulan baru, banyak masyarakat utamanya yang beragama Islam yang mencari tahu tanggal dan jadwal puasa Ayyamul Bidh. Kali ini, memasuki tahun baru 2023, jadwal puasa Ayyamul Bidh Januari 2023 banyak dicari.

Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim setiap bulannya. Rasulullah SAW juga mengamalkan puasa Ayyamul Bidh ini juga semasa hidupnya.

Puasa Ayyamul Bidh sendiri biasanya dilakukan pada pertengahan bulan yakni setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan qomariyah atau bulan berdasarkan kalender Hijriyah.

Baca Juga: Apa Itu Puasa Wishal? Mengapa Rasulullah SAW Melarang Umatnya Melakukan Puasa Ini

Adapun puasa Ayyamul Bidh memiliki beberapa keutamaan seperti sesuai sabda Rasulullah SAW.

Dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda kepadanya

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

"Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah)." (HR. Tirmidzi, no. 761)

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x