Biografi KH Hasyim Asy'ari, Tokoh Pendiri NU dan Pahlawan Nasional: Profil dan Biodata

- 15 September 2022, 11:17 WIB
Ilustrasi KH Hasyim Asy'ari. Simak biografi KH Hasyim Asy'ari, tokoh pendiri NU atau Nahdlatul Ulama dan pahlawan nasional mulai dari profil dan biodata.
Ilustrasi KH Hasyim Asy'ari. Simak biografi KH Hasyim Asy'ari, tokoh pendiri NU atau Nahdlatul Ulama dan pahlawan nasional mulai dari profil dan biodata. /Instagram/@nahdlatululama

BERITA DIY – Berikut biografi KH Hasyim Asy'ari, tokoh pendiri NU dan pahlawan nasional mulai dari profil dan biodata.

Nama Kiai Haji Hasyim Asy'ari atau KH Hasyim Hasy'ari dikenal sebagai tokoh nasional pendiri organisasi Islam, Nahdlatul Ulama (NU).

Bagi kamu yang belum mengenal salah satu sosok penting nasional ini, berikut biografi KH Hasyim Asy'ari mulai dari profil dan biodata.

Biografi Hasyim Asy'ari

Kiai Haji Mohammad Hasyim Asy'ari atau K.H Hasyim Asy’ari lahir di Jombang, 14 Febuari 1871.

Baca Juga: Profil KH Hasyim Asy’ari, Pahlawan Pendiri NU yang Namanya Hilang di Kamus Sejarah Indonesia

KH Hasyim Asy’ari meninggal dunia pada tanggal 21 Juli 1947 dalam usia 76 tahun dan dimakamkan di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Nama KH Hasyim Asy'ari dikenal masyarakat sebagai pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dan juga merupakan pahlawan nasional.

Keahlian KH Hasyim Asy’ari dalam ilmu Islam ia dapatkan dari ayah dan kakeknya. Sejak umur 15 tahun, dirinya belajar di berbagai pesantren, antara lain Pesantren Wonokoyo di Probolinggo, Pesantren Langitan di Tuban, Pesantren Trenggilis di Semarang, Pesantren Kademangan di Bangkalan dan Pesantren Siwalanpanji di Sidoarjo.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x