Contoh Soal USBN PKN Kelas 12 SMA Semester 2 Beserta Pembahasan Materi Bab 3 dan 4 Latihan Ujian Sekolah

- 24 Maret 2022, 08:56 WIB
ilustrasi - Contoh soal USBN PKN SMA kelas 12 Semester 2 Beserta Pembahasan pertanyaan uraian materi bab 3 dan 4 Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap NKRI.
ilustrasi - Contoh soal USBN PKN SMA kelas 12 Semester 2 Beserta Pembahasan pertanyaan uraian materi bab 3 dan 4 Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap NKRI. /Pixabay/F1Digitals
BERITA DIY - Inilah contoh soal USBN PKN kelas 12 SMA semester 2 beserta pembahasan soal uraian latihan menjelang ujian sekolah.

Kumpulan soal USBN PKN kelas 12 SMA semester 2 bab 3 dan 4 materi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persiapan USBN, siswa kelas 12 SMA dapat mempersiapkan diri dengan belajar pembahasan soal PKN pada bab 3 dan 4.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Bab 7 Garis dan Sudut Matematika SMP MTs kelas 7 semester 2

Contoh soal USBN kelas 12 SMA beserta pembahasan di dapat dari buku pelajaran PKN Kurikulum 2013 bab 3 dan bab 4 terbitan Kemendikbud.

Siswa kelas 12 SMA dapat mempelajari latihan soal USBN dengan membaca pembahasan soal yang ada di artikel ini.

Buku PKN kelas 12 SMA semester 2 ini membahas materi tentang Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika SMP MTs Kelas 8 Semester 2: Menentukan Volume Prisma

Berikut contoh soal ujian sekolah perlajaran PKN kelas 12 SMA latihan menjelang USBN.

1. Jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia!

Jawaban:

Ancaman pengaruh ideologi liberalisme dan munculnya
gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme, munculnya gaya hidup konsumtif, dan sifat hedonisme, sikap individualisme dan westernisasi, memudarnya nilai-nilai gotong royong dan solidaritas, kepedulian dan kesetiakawanan sosial, makin lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat, munculnya tindakan anarkis dari masyarakat yang dapat mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara?

Jawaban:

Dengan adanya keterbukaan dalam proses penyelenggaraan negara, dimungkinkan akan dapat dicegahnya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Dengan adanya pemerintahan yang demokratis, sangat dimungkinkan akan meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat dalam penentuan kebijakan publik oleh pemerintah.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika SMP MTs Kelas 8 Semester 2: Menentukan Volume Prisma

3. Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaatkan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi
untuk mengatasi persoalan itu.

Jawaban:

Jawaban siswa akan beragam

4. Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek?

Jawaban:

4. Agar tidak menimbulkan permasalahan dan dampak negatif, manusia perlu memiliki tanggung jawab etis di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek.

Bagi bangsa Indonesia, didalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mengingat landasan idiilnya, yaitu Pancasila dan landasan konstitusionalnya, yaitu UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam kaitannya dengan Pancasila terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sebenarnya telah memberikan peringatan kepada kita bahwa semua ilmu yang ada di dunia berasal dari Tuhan.

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan Anda lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaan Anda sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampung Anda

Jawaban:

Kita harus berusaha untuk mencegah terjadinya tawuran kalau tidak memungkinkan kita menghindarinya. Tawuran adalah perbuatan yang tidak terpuji, sangat memprihatinkan karena dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan mengancam keutuhan negara.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika SMP MTs Kelas 8 Semester 2: Menentukan Volume Kubus dan Balok

6. Bentuk negara Indonesia adalah kesatuan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikan alasan yang mendukung bahwa negara kita tidak cocok dengan bentuk negara serikat, tetapi lebih cocok dengan negara kesatuan!

Jawaban:

Bentuk negara kesatuan menjadi pilihan para pendiri negara
didasarkan pada 5 (lima) alasan berikut.

a. Unitarisme sudah merupakan cita-cita gerakan kemerdekaan Indonesia.

b. Negara tidak memberikan tempat hidup bagi provinsialisme.

c. Tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan berada di Pulau Jawa sehingga tidak ada tenaga di daerah untuk membentuk negara federal.

d. Wilayah-wilayah di Indonesia tidak sama potensi dan
kekayaannya.

e. Dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia kuat apabila sebagai negara kesatuan. Dengan demikian negara kita lebih cocok pada bentuk negara kesatuan daripada bentuk negara serikat.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi keutuhan sebuah negara?

Jawaban:

Dengan persatuan dan kesatuan yang kuat, suatu bangsa atau negara akan dapat mempertahankan eksistensi dan kelangsungannya sebagai sebuah negara/bangsa. Dengan persatuan dan kesatuan, suatu bangsa/ negara dapat melaksanakan pembangunan nasional guna untuk mencapai tujuannya, perpecahan bangsa/negara akan menghambat pelaksanaan pembangunan nasional karena segala perhatian, daya dan upaya akan tercurah guna untuk meredakan konflik yang terjadi.
 
Baca Juga: Sebuah Limas Tegak Alasnya Berbentuk Persegi Panjang, Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 SMP Semester 2 Hal 188

3. Bagaimana cara bangsa Indonesia dalam memperkukuh persatuan dan kesatuan di antara para warganya?

Jawaban:

a. Membangun kesadaran warga negara akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

b. Mencegah terjadinya konflik horizontal antar warga dan menindak tegas pelakunya.

c. Memberikan tindakan tegas terhadap pelaku disintegrasi bangsa.

d. Meningkatkan kesejahteraan rakyat di seluruh wilayah Indonesia.

4. Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa!

Jawaban:

Sejarah mencatat ada enam periode besar proses penyelenggaraan negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut terjadi terutama karena adanya pergantian undang-undang dasar, yaitu sebagai berikut.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 2: Menentukan Luas Permukaan Limas

a. Periode 18 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949 Dalam periode ini yang dipakai sebagai pegangan adalah Undang-Undang Dasar 1945.

b. Periode 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950 Federalisme pernah diterapkan di Indonesia pada rentang 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950.

c. Periode 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 Juli 1959
Pada periode ini, Indonesia menggunakan Undang-Undang
Dasar Sementara Republik Indonesia Tahun 1950 (UUDS 1950) yang berlaku mulai tanggal 17 Agustus 1950.

d. Periode 5 Juli 1959 sampai dengan 11 Maret 1966 (Masa Orde Lama), Dekrit presiden tanggal 5 Juli 1959 telah membawa kepastian di negara Indonesia. Negara kita kembali menggunakan UUD 1945 sebagai konstitusi negara yang berkedudukan sebagai asas penyelenggaraan negara.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Remedial IPA Kelas 7 SMP Uji Kompetensi Halaman 81 Tentang Pemanasan Global

e. Periode 11 Maret 1966 sampai dengan 21 Mei 1998 (masa Orde Baru), Prioritas utama yang dilakukan oleh Pemerintahan Orde Baru bertumpu pada pembangunan ekonomi dan stabilitas nasional yang mantap.

f. Periode 21 Mei 1998-sekarang (masa reformasi).
Memasuki masa Reformasi, bangsa Indonesia bertekad untuk menciptakan sistem pemerintahan yang demokratis.

5. Bagaimana cara Anda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia apabila dikaitkan dengan posisi Anda sebagai generasi muda? Kontribusi seperti apa yang bisa Anda berikan kepada negara?
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 SMP MTs Semester 2: Melukis Sudut Istimewa

Jawaban:

Jawaban siswa akan beragam

Disclaimer:

1. Artikel materi ini merupakan pendamping bagi para orang tua untuk pembelajaran anaknya.

2.Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi para siswa dan orang tua untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

3.Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Demikian contoh soal USBN PKN kelas 12 SMA semester 2 lengkap beserta pembahasan jawaban pertanyaan menjelang ujian sekolah.***
 

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x