Model Kurikulum 2022: Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa Dihilangkan di Jenjang SMA?

- 24 Desember 2021, 16:40 WIB
Ilustrasi siswa SMA - Model kurikulum 2022, jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dihilangkan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), benarkah?
Ilustrasi siswa SMA - Model kurikulum 2022, jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dihilangkan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), benarkah? /ANTARA/ Andreas Fitri Atmoko//

BERITA DIY - Beredar kabar bahwa pada model Kurikulum 2022, jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dihilangkan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kabar itu bahkan sudah beredar di media sosial salah satunya di akun Twitter @AREAJULID. Akun base itu mengunggah tangkapan layar sebuah berita yang bertuliskan "Tidak ada Jurusan IPA, IPS dan Bahasa, di Kurikulum 2022".

Sontak saja, unggahan itu menjadi perbincangan netizen.

"Menurutku jadi tambah berat si (Kurikulum 2022), soalnya kaya ga dikhususkan gt mapelnya. Tapiii, sisi positifnya nanti waktu mau masuk kuliah enak karena dia bebas milih mau ke ranah saintek atau soshum, soalnya waktu SMA ga ada IPA, IPS, sama Bahasa nya," tulis akun Tiwtter @tudungsaaji.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran, Syarat, dan Cara Daftar SNMPTN 2022 agar Masuk PTN yang Diinginkan

"Uweee nambah beban ga se semua dipelajari akhire. Geografi, ekonomi, sosiologi, sejarah, fisika, kimia, biologi, mtk. Mantapp," tulis akun Twitter @MaulytaaNf.

Sebagai pengganti jurusan IPA, IPS, dan Bahasa, siswa bisa memilih pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

Sementara itu Kepala Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudiristek) Anindito Nino Aditomo mengatakan bahwa sekolah tetap dapat menggunakan prototipe sebagai alat melakukan pembelajaran.

Ia menjelaskan dalam sebuah unggahan di akun instagram pribadinya bahwa kurikulum prototipe dirancang agar memberikan ruang lebih banyak bagi pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x