Tuliskan Isi Teks Proklamasi RI? Ini Naskah 17 Agustus 1945 Lengkap Diperbaharui dan Disetujui Soekarno

- 14 Agustus 2021, 14:00 WIB
Teks proklamasi awal tidak ditandatangani, sementara teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah diperbaharui ditandatangani dan dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa pada 17 Agustus 1945.
Teks proklamasi awal tidak ditandatangani, sementara teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah diperbaharui ditandatangani dan dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa pada 17 Agustus 1945. /Tangkap layar cagarbudaya.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Jadi, teks proklamasi Republik Indonesia adalah dokumen penting dalam titimangsa kemerdekaan RI di 17 Agustus 1945. Ada kisah soal teks asli dan diperbaharui, soal sosok pengetik, hingga disetujui.

Kemerdekaan dengan dilandaskan teks proklamasi diperoleh dengan jerih payah para pahlawan yang mesti kita kenang, dari yang terkenal seperti Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, hingga yang tak terlalu dikenal seperti Tan Malaka, Soediro atau Sayuti Melik.

Adapun teks proklamasi yang kini kita kenal sebelumnya adalah tulisan tangan Soekarno dengan dibantu Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo.

Baca Juga: Promo Makanan dan Minuman HUT RI ke-76: Shopee, Tokopedia, dan Blibli Diskon hingga 90 Persen

Di dalam perumusannya, kalimat pertama teks proklamasi digagas oleh Achmad Soebardjo dan kalimat terakhir teks proklamasi digagas oleh Mohammad Hatta.

Namun, saat diketik oleh Sayuti Melik ada sedikit perbaruan. Ada beberapa kata yang diganti olehnya:

1. Kata "Proklamasi" diganti menjadi "P R O K L A M A S I"

2. Kata "Hal2" diganti menjadi "Hal-hal"

3. Kata "tempoh" diganti menjadi "tempo"

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x