Kronologi Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta: Apa Peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX?

- 1 Maret 2022, 11:00 WIB
Ini kronologi Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta beserta peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Ini kronologi Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta beserta peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX. /Dok. Kemendikbud

BERITA DIY - Simak kronologi peristiwa Serangan Umum pada 1 Maret 1949 di Yogyakarta, beserta penjelasan mengenai peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Pada tanggal 1 Maret diperingati dengan salah satu peristiwa penting yaitu Serangan Umum yang dilakukan atau berlangsung di Yogyakarta pada tahun 1949 yang lalu.

Tujuan dari adanya atau diadakannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret pada tahun 1949 tersebut adalah untuk memberikan respons atau tanggapan dari Agresi Militer yang dilakukan oleh Sekutu di Yogyakarta.

Baca Juga: Peristiwa-Peristiwa Penting Nasional dan Internasional yang Diperingati pada Bulan Maret 2022

Setelah peristiwa Serangan Umum 1 Maret yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 1949 itu pun kemudian diketahui bahwa pasukan bersama masyarakat Yogyakarta berhasil menduduki wilayah ibu kota sementara itu.

Salah satu hal penting yang masih menjadi perbincangan mengenai peristiwa Serangan Umum 1 Maret tersebut ialah mengenai kronologi peristiwa yang terjadi hingga meletusnya pertempuran.

Tak hanya itu, beberapa tokoh penting pun diketahui memiliki peran dalam kronologi peristiwa Serangan Umum 1 Maret yang dilakukan di Yogyakarta, salah satunya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Baca Juga: Link Download Kalender Hijriyah 1443 Bulan Maret 2022 Format PDF dan JPG PNG Versi Muhammadiyah

Kronologi Peristiwa Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta

Mengutip berdasarkan laman resmi Kemdikbud.go.id, diketahui bahwa peristiwa Serangan Umum 1 Maret ini sendiri melibatkan pihak militer dari Indonesia dan berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x