28 Februari 2022 Hari Apa? Ada Tanggal Merah Peristiwa Isra Miraj, Ini Sejarah dan Amalan yang Dianjurkan

- 27 Februari 2022, 21:34 WIB
ILUSTRASI - Berikut sejarah Isra Miraj yang diperingati tanggal 28 Februari 2022 beserta amalan yang baik dilakukan.
ILUSTRASI - Berikut sejarah Isra Miraj yang diperingati tanggal 28 Februari 2022 beserta amalan yang baik dilakukan. /Twibboninze.com

BERITA DIY - Simak sejarah peristiwa besar Isra Miraj yang diperingati tanggal 28 Februari 2022 beserta amalan yang dianjurkan kepada umat Muslim.

Isra Miraj yang jatuh pada hari Senin, tanggal 28 Februari 2022 ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur Nasional. Dalam  kalender Hijriyah, perayaan umat Islam itu tepat pada 27 Rajab.

Sementara itu sejarah peristiwa Isra Miraj dimulai dari Nabi Muhammad SAW yang mengalami perjalanan spiritual pada malam ke 27 Rajab tahun ke-12 kenabian atau delapan bulan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke kota Madinah.

Baca Juga: Cara Mengqadha Puasa Ramadhan dan Bacaan Doa Niat Puasa Hari Senin Kamis, Ini Manfaat Puasa

Ketika itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan secara kilat atas izin Allah SWT. Dia mengendarai kendaraan yang disebut Buraq bersama dengan Malaikat Jibril.

Setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerusalem, Palestina, Nabi Muhammad SAW sampai ke langit hingga ke Sidratul Muntaha. 

Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah SWT untuk melakukan sholat wajib lima waktu yang hingga saat ini dilaksanakan oleh umat Islam.

Baca Juga: Tanggal 27 Rajab 1443 H Tahun 2022 Hari Apa? Ini Jadwal Isra Miraj

Kisah tentang Isra Miraj sendiri telah tercantum dalam Al-Quran dan hadits, salah satunya adalah Surat Al-Isra ayat 1.

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ - ١

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x