Daftar dan Biodata Istri Presiden Soekarno, Mulai Dari Siti Oetari, Fatmawati, hingga Heldy Djafar

- 17 Agustus 2021, 18:05 WIB
Daftar dan biodata istri Presiden Soekarno lengkap.
Daftar dan biodata istri Presiden Soekarno lengkap. /Tangkap layar: kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

BERITA DIY - Daftar dan biodata istri Presiden Soekarno mulai dari Siti Oetari, Fatmawati, sampai Heldy Djafar yang dapat Anda ketahui melalui artikel ini.

Presiden Indonesia pertama yaitu Soekarno memang dikenal memiliki sejumlah istri. Namun tak banyak yang tahu daftar dan biodata dari istri-istri sang proklamator tersebut.

Terdapat 9 nama istri dari Presiden Soekarno yang tercatat secara resmi. Masing-masing istri tersebut memiliki biodata dan kisah asmara dengan Presiden Soekarno, untuk mengetahui daftarnya, berikut kami sampaikan.

Baca Juga: Profil Megawati Soekarnoputri yang Beri Sambutan Perayaan HUT RI ke-76: Biodata hingga Karir Politik

Masyarakat umum mengenal istri Presiden Soekarno adalah Fatmawati, namun sebenarnya tak hanya itu terdapat sejumlah nama baik sebelum maupun sesudah Fatmawati menjadi istri sang Presiden.

Nama pertama istri Presiden Soekarno adalah Siti Oetari, diketahui ia adalah anak dari pahlawan nasional HOS Cokroaminoto. Presiden Soekarno menikah dengannya saat ia berusia 20 tahun, sedangkan Siti Oetari berusia 16 tahun. Hubungan keduanya berakhir dengan perceraian.

Istri kedua Presiden Soekarno adalah Inggit Garnasih seorang perempuan asli dari Bandung. Presiden Soekarno menikahi Inggit Garnasih pada 24 Maret 1923, pernikahan ini pun bertahan cukup lama yaitu 20 tahun, mereka bercerai karena sang istri menolak untuk dimadu.

Baca Juga: Sejarah Pahlawan Revolusi Jenderal Sudirman, Biografi Hingga Peran dalam Kemerdekaan RI

Selepas dengan Inggit, Presiden Soekarno diketahui memiliki istri yaitu Fatmawati, perempuan muda yang berasal dari Bengkulu. Pernikahan antara keduanya dilangsungkan pada 1 Juni 1943, ia lah yang menemani Presiden Soekarno saat membacakan proklamasi hingga menjahit bendera merah putih.

Dari pernikahannya dengan Fatmawati ini lahir 5 orang anak yaitu, Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan yang terakhir adalah Guruh Soekarnoputra.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x