Teks Proklamasi Kemerdekaan RI Asli dan Autentik, Versi Tulis Tangan dan Diketik Lengkap Dengan Perbedaannya

- 16 Agustus 2021, 17:05 WIB
Naskah Proklamasi tulisan tangan Soekarno dan Naskah Proklasi ketikan Sayuti Melik.
Naskah Proklamasi tulisan tangan Soekarno dan Naskah Proklasi ketikan Sayuti Melik. /oppobaca

BERITA DIY - Berikut teks proklamasi RI asli dan lengkap versi tulisan tangan dan versi ketikan atau diketik. Naskah proklamasi merupakan salah satu bukti sejarah kemerdekaan Indonesia. 

Dalam susunan upacara, naskah proklamasi seringkali turut dibacakan baik oleh inspektur upacara atau tokoh lain yang ditunjuk dalam upacara.

Naskah proklamasi sendiri memiliki dua versi, yakni versi tulisan tangan dan versi ketikan. Berikut sejumlah perbedaan teks proklamasi kemerdekaan RI versi tulisan dan ketikan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan HUT RI ke-76 Tanggal 17 Agustus Unik dan Anti Mainstream

 

Naskah proklamasi tulisan tangan Ir. Soekarno:

"Proklamasi. Kami, Bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 yang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, 17-08-'05 wakil2 bangsa Indonesia,"

Naskah proklamasi yang diketik Sayuti Melik:

"Proklamasi. Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05. Atas nama bangsa Indonesia, Soekarno/Hatta,".

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x