Profil Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi, Mulai dari Pendidikan hingga Karier

- 9 Agustus 2021, 15:20 WIB
Profil Lengkap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Profil Lengkap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. /Instagram.com/@luhut.pandjaitan

BERITA DIY – Berikut profil lengkap Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mulai dari latar belakang keluarga, riwayat pendidikan hingga perjalanan karier dirangkum dari berbagai sumber.

Luhut Binsar Pandjaitan lahir di Simargala, Toba Samosir, Sumatera Utara pada 28 September 1947. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara, ayahnya bernama Bonar Pandjaitan adalah seorang pensiunan tentara yang menjadi sopir bus AKAP dan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Ia menempuh pendidikan sekolah menangah atas di SMA Penabur, Bandung kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dan kemudian melanjutkan ke Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (SESKOAD) di Bandung.

Baca Juga: Selain Menteri KP, Ini Daftar Posisi Menteri Lain yang Pernah Dirangkap Luhut: Menhub hingga ESDM

Tak berhenti disitu Luhut juga pernah menempuh pendidikan di National Defense University, Fort McNair, USA dan mengambil gelar Maters of Public Administrastion pada tahun 1991 di George Washington University, Washington, D.C., USA.

Terakhir ia menempuh pendidikan di National Resilience Institute of the Republic of Indonesia pada tahun 1996. Pada tahun 1981,  ia menjadi pendiri dan Komandan Petama Detasemen 81 Anti Teroris Kopassus dan pada tahun 1989 ia menjadi asisten operasi (Asops) Kopassus.

Kariernya terus berlanjut, pada tahun 1995 Luhut Binsar Pandjaitan kemudian menjadi Komandan KOREM 081/ Dirotsaha Jaya, Madiun. Ia kemudian menjadi Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri, Pussenif TNI-AD dan menjadi Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat, Kodiklat hingga tahun 1999.

Baca Juga: Mentan Syahrul Resmi Gantikan Luhut Sebagai Plt Menteri Kelautan dan Perikanan

Pada tahun 1999 pula ia menjadi Duta Besar RI untuk Singapura selama satu tahun kemudian diangkat menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI. Ia kemudian menjadi presiden komisaris PT Toba Sejahtera.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x