5 Fakta soal Vanuatu yang Serang Indonesia di Forum PBB: Kanibal hingga Sangat Rawan Bencana

- 28 September 2020, 13:00 WIB
Vanuatu (lingkaran merah)
Vanuatu (lingkaran merah) /google maps

BERITA DIY - Menjadi berita di Tanah Air setelah menuding Indonesia melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masyarakat Papua di forum internasional PBB, negara kecil yang “jauh dari mana-mana” Vanuatu mendadak ramai di media.

Diplomat Indonesia sendiri menegaskan tuduhan negara Pasifik tersebut tidak berdasar dan menuntut mereka berhenti mencampuri urusan dalam negeri Tanah Air.

"Memalukan negara yang satu ini (Vanuatu) terus memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat mengenai bagaimana Indonesia seharusnya bertindak atau mengatur dirinya sendiri," ujar diplomat muda Silvany Austin Pasaribu dalam rilis PJTRI, Minggu (27 September 2020).

Baca Juga: Diplomat Indonesia 'Tampar' Keras Vanuatu Soal Papua di Sidang PBB: Berhenti Berkhayal!

Tapi seperti apa sebenarnya negara yang “kecil-kecil galak” ini? Ternyata ada sejumlah fakta mengejutkan dari Vanuatu, mulai dari praktik kanibalisme hingga bungee jumping yang pertama kali muncul di sini.

Apa lagi? Berikut di antaranya seperti dikompilasi Galamedia dari yts.vu:

1. Baru bebas kanibalisme tahun 1970

Sebagian besar antropolog sepakat kanibalisme di Vanuatu terakhir terjadi pada tahun 1969. Laporan Squires hingga lebih dari 50 tahun lalu, penduduk pulau Vanuatu memiliki reputasi sebagai kanibal yang menakutkan.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bantuan BLT Non PKH Rp 500 Ribu per KK, Lapor di Sini Kalau Belum Terima

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x