Sejarah Jam Tangan Pertama kali di Dunia, Diciptakan oleh Seorang Tukang hingga jadi Simbol Kekayaan

- 1 Januari 2023, 18:00 WIB
Jam tangan yang diciptakan Peter Heinlein menjadi cikal bakal dari jam modern, yang kemudian dilanjutkan Galileo Galilei hingga menjadi jam modern seperti sekarang.
Jam tangan yang diciptakan Peter Heinlein menjadi cikal bakal dari jam modern, yang kemudian dilanjutkan Galileo Galilei hingga menjadi jam modern seperti sekarang. /PIXABAY/henry 911

BERITA DIY - SImak informasi mengenai sejarah jam tangan pertama kali di dunia. Diciptakan oleh seorang tukang hingga jadi simbol kekayaan.

Salah satu jam yang sering dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemewahan adalah jam Rolex. Jam ini dibuat oleh perusahaan jam yang bernama Rolex yang didirikan oleh Hans Wilsdorf pada tahun 1905.

Selain itu, jam Rolex juga terkenal karena harganya yang cukup mahal. Harga jam Rolex bervariasi tergantung pada jenis dan modelnya, namun harga minimum untuk sebuah jam Rolex bisa mencapai ratusan ribu dolar. Hal ini membuat jam ini dianggap sebagai simbol kekayaan bagi sebagian orang.

Fakta uniknya, benda yang dicirikan sebagai simbol kekayaan tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang tukang kunci dari kota Nurnberg Jerman pada awal abad ke-16. Orang tersebut bernama Peter Heinlen.

Baca Juga: Link Nonton Konser BTS Speak Yourself SCTV Hari Ini 1 Januari 2023 Gratis di Mana? Jam Tayang BTS World Tour

Peter Henlein merupakan seorang ahli mekanik asal Jerman yang dikenal sebagai pencipta jam tangan pertama di dunia. Ia lahir pada tahun 1485 di Furtwangen, Jerman dan dikenal sebagai seorang yang sangat terampil dalam membuat berbagai jenis alat mekanik.

Henlein pertama kali menciptakan jam tangan pada awal abad ke-16, yang dikenal dengan nama "jam Nurnberg". Jam ini terbuat dari bahan logam dan berbentuk seperti tabung dengan sebuah lubang kecil di bagian atasnya. Jam Nurnberg ini dapat dibawa ke mana saja dan tidak terpengaruh oleh cuaca atau kondisi iklim.

Sebelum adanya jam tangan, manusia hanya menggunakan alat-alat sederhana seperti sundial atau water clock untuk mengukur waktu. Jam Nuremberg yang diciptakan oleh Henlein merupakan kemajuan besar dalam teknologi jam karena ia lebih tepat dan dapat dibawa ke mana saja.

Henlein tidak hanya dikenal sebagai pencipta jam tangan pertama, ia juga dikenal sebagai seorang yang sangat terampil dalam membuat berbagai jenis alat mekanik lainnya seperti mesin uap dan alat-alat pertukangan. Ia merupakan salah satu pionir dalam dunia mekanik yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan teknologi di abad ke-16.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah