Dibuatkan Jembatan, BJ Habibie Jadi Sosok yang Dikagumi Timor Leste

- 3 Januari 2021, 17:30 WIB
PRESIDEN ke-3 RI, BJ Habibie.*/ANWAR EFFENDI/PR
PRESIDEN ke-3 RI, BJ Habibie.*/ANWAR EFFENDI/PR /ANWAR EFFENDI/PR/

BERITA DIY- BJ Habibie merupakan sosok yang sangat disegani dan dihargai masyarakat Indonesia. Selain dihargai masyarakat Indonesia BJ Habibie juga dihargai di negara-negara lain. Timor Leste adalah salah satu negara yang sangat menghargai BJ Habibie.

BJ Habibie adalah salah satu orang yang turut andil dalam kemerdekaan dan melepaskan Timor Leste dari Indonesia menjadi negara mandiri. Tepatnya lebih lebih dari 20 tahun yang lalu BJ Habibie mengambil keputusan untuk memerdekakan Timor Leste.

Karena alasan itulah mengapa BJ Habibie hingga saat ini menjadi salah satu tokoh yang masih disegani dan dihormati publik dari Timor Leste. Setelah melepaskan diri dari Indonesia, keadaan Timor Leste tidaklah menjadi lebih baik. Timor Leste malah masuk dalam daftar negara termiskin di dunia dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Fakta tentang Racun yang Diminum Andin di Sinetron Ikatan Cinta hingga Buat Geger Pemirsa

Baca Juga: Aldebaran dan Reyna Tulus Cintai Andin di Sinetron Ikatan Cinta Episode 106 Malam Ini di RCTI

Seperti Indonesia, Timor Leste juga merupakan negara agraris yang memiliki beberapa komoditas tanaman yang bernilai mahal di pasar dunia. Salah satu produk pertanian yang di ekspor oleh Timor Leste adalah Kopi.

Selain Kopi, produk pertambangan seperti minyak bumi dan marmer juga menjadi salah satu komoditas ekspor yang dimiliki Timor Leste. Sayangnya dengan jumlah kommoditas dan potensi yang cukup besar, permasalahan ekonomi di Timor Leste masih menjadi yang utama.

Banyak anak-anak dari Timor Leste yang mengalami malnutrisi. Bahkan jika diperkirakan jumlah anak-anak yang mengalami malnutrisi sebanyak 50%. Jumlah tersebut adalah jumlah malnutrisi anak tertinggi di Asia.

Selain itu, korupsi menjadi permasalahan yang akut di Timor Leste, banyak proyek dan infrastuktur yang dikorupsi secara kecil namun terus menerus berlangsung.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono

Sumber: REUTERS setkab Zona Jakarta ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x